Sukses

Kebakaran Hutan Gunung Merbabu Makin Membesar

Sudah yang ketiga kalinya selama musim kemarau, kebakaran hutan di kawasan Gunung Merbabu terjadi.

Liputan6.com, Boyolali - Dari Desa Nganggrong, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, kepulan asap pekat terlihat jelas di sisi timur lereng Gunung Merbabu. Sudah ketiga kalinya selama musim kemarau kebakaran hutan di kawasan Gunung Merbabu terjadi. Kebakaran hutan kali ini diperkirakan lebih besar, mengingat asap yang dihasilkan sangat pekat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (29/9/2015), meski warga tetap berkativitas seperti biasa, namun kebakaran membuat warga khawatir. Bisa saja pipa air bersih yang berasal dari Gungung Membabu ikut terbakar. Sehingga warga kesulitan air.

Selain itu jika tidak secepatnya dipadamkan, kebakaran bisa saja meluas hingga ke pemukiman warga.

Kebakaran hutan juga terjadi di kawasan pegungunan Singsingon, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Warga bersama aparat kepolisian telah mencoba berusaha memadamkan api.

Namun mereka menemui kesulitan karena lokasi kebakaran berada di pegunungan dan sulit dijangkau.

Warga juga mulai khawatir karena kebakaran hutan terus meluas dan bisa saja api menyambar ke lahan pertanian dan pemukiman warga.

Kuat dugaan kebakaran hutan di pegunungan Singsingon ini terjadi akibat ulah para pembuka lahan baru untuk dijadikan perkebunan. (Dan/Ali) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini