Sukses

Salat Iduladha di Pelabuhan Sunda Kelapa Berlatar Belakang Kapal

Selain menjaga tradisi turun-temurun, pemandangan unik dengan latar belakang kapal phinisi menjadi daya tarik bagi warga.

Liputan6.com, Jakarta - Warga mulai berdatangan ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Mereka rela menyeberangi perairan untuk melaksanakan salat Iduladha 1436 Hijriah di area dermaga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (23/9/2015), selain menjaga tradisi turun-temurun, pemandangan unik dengan latar belakang kapal phinisi menjadi daya tarik bagi warga. Meski lokasinya berbeda dengan umat muslim lain di Jakarta, kekhusyukan tetap terjaga.

Di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, umat muslim melaksanakan salat Iduladha di tengah kabut asap. Usai salat, mereka memanjatkan doa kepada Allah meminta turun hujan agar bencana kabut asap segara berakhir.

Meski berlangsung di tengah kabut asap, umat muslim di Palangkaraya tetap khusyuk dan khidmat menjalankan salat Iduladha. Mereka memakai masker menjaga agar tidak menghirup kabut asap secara langsung.

Lalu, pengungsi korban erupsi Gunung Api Sinabung Tanah Karo, Sumatera Utara melaksanakan salat Iduladha di posko pengungsian di Desa Korpri, Kecamatan Berastagi.

Sudah 5 bulan lamanya mereka berada di tempat pengungsian sejak desa mereka dinyatakan rawan bahaya awan panas dan merupakan zona merah bahaya erupsi Gunung Sinabung.

Sementara itu, salat Iduladha di Masjid Chaerul Ummah di samping Koramil Karubaga, Jayapura, Papua diikuti oleh ratusan umat Islam. Mereka mengikuti salat Iduladha dengan khusyuk sekaligus menegaskan situasi keamanan di Tolikara aman.

Tampak di antara para jemaah adalah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang ditugaskan Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban kepada imam Masjid Karubaga Ali Mukhtar.

Diharapkan suasana aman dan damai saat Iduladha ini dapat terus terjalin demi kerukunan antar umat beragama di Indonesia seterusnya. (Vra/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.