Sukses

Petugas Temukan Sapi Kurban Berpenyakit di Banyumas

Petugas baru menemukan sapi berpenyakit ringan, seperti flu.

Liputan6.com, Banyumas - Sejumlah sapi kurus ditemui petugas Dinas Peternakan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah di Pasar Hewan Sokaraja dan Ajibarang. Tampak tulang rusuknya terbalut kulit. Selain memeriksa fisik, petugas juga memeriksa mulut dan kuping sapi untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penyakit berbahaya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (22/9/2015), sejauh ini petugas baru menemukan sapi berpenyakit ringan, seperti flu. Lantas bagaimana ciri-ciri sapi yang sehat?

"Dari fisik ya, gerakannya lincah, kemudian kulitnya halus mulus, rambutnya juga bagus dan hidungnya tidak meler," jelas Ridwan, petugas Dinas Peternakan Banyumas.

Sementara di Sukoharjo, Jawa Tengah, petugas Dinas Pertanian dan Peternakan memantau hewan kurban di
tingkat pengepul dan pedagang. Pemeriksaan fisik dilakukan dari kepala hingga kaki.

Suhu tubuh hewan juga diperiksa. Jika ditemui hewan yang sakit, akan diberi obat dan diperiksa laboratorium. Selain sapi, kondisi kesehatan dan usia kambing juga diperiksa. (Dan/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini