Sukses

Banjir Lahar Dingin Ancam Kawasan Sekitar Gunung Sinabung

Selain awan panas, ancaman banjir lahar dingin juga perlu diwaspadai, mengingat cuaca kerap mendung dan hujan di seputaran Gunung Sinabung.

Liputan6.com, Tanah Karo - Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik disertai guguran awan panas. Warga yang melakukan aktivitas di luar rumah disarankan menggunakan masker.

Semburan abu vulkanik dari Gunung Sinabung ini mulai terlihat pada Jumat siang. Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (18/9/2015), erupsi ini disertai luncuran awan panas sejauh 2.000 sampai 3.000 meter, dengan ketinggian kolom abu 3.000 sampai 3.200 meter dari kawah puncak Gunung Sinabung.

Akibatnya, terjadi hujan debu di sekitar Deli Serdang karena dibawa angin yang mengarah ke timur dan timur laut.

Selain awan panas, ancaman banjir lahar dingin juga perlu diwaspadai, mengingat cuaca kerap mendung dan hujan di seputaran Sinabung. Banjir ini mengancam jalur Sungai Lau Borus yang berada di Kecamatan Simpang Empat-Payung dan Kecamatan Tiga Nderket-Tanah Karo.

Hingga kini kondisi bahaya Gunung Api Sinabung berada pada status Awas Level IV. (Nda/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini