Sukses

Jelang Idul Adha, Kandang Sapi Gelonggongan Digerebek Polisi

17 Ekor sapi berhasil diamankan, aparat juga langsung menutup dan menyegel peternakan sapi glonggongan yang telah berlangsung sejak 2008.

Liputan6.com, Sidoarjo - Jelang Hari Raya Idul Adha, Tim Gabungan Pemkab dan Polres Sidorajo menemukan praktik sapi gelonggongan, yaitu sapi yang dicekoki air agar bobotnya semakin berat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (12/11/2015), saat melakukan razia di kawasan Krian-Sidoarjo, Kamis 10 September kemarin, petugas menemukan peternak di kawasan Desa Tropodo-Krian yang menggelonggong sapi dengan air.

Sedikitnya 17 ekor sapi berhasil diamankan dan aparat juga langsung menutup dan menyegel peternakan sapi gelonggongan yang telah berlangsung sejak 2008 ini. Meski petugas berhasil mengungkap kasus ini, namun polisi tidak dapat melakukan penahanan terhadap pemilik atau peternak dengan alasan perbuatan mereka hanya  tindak pidana ringan.

"Penyembelihan di RPH (Rumah Pemotongan Hewan). Jadi setelah digelonggong mereka kirim ke RPH. Kalau di RPH ketahuan gelonggong, sapinya dikembalikan. Kita tentunya akan menindak penyembelihan di luar RPH," ucap Kapolsek Krian Kompol Agung Setyono.

Dilihat dari bentuk fisiknya, sapi glonggongan memang tidak jauh berbeda dengan pada umumnya. Namun jika setelah dipotong baru kelihatan, karena terlihat dari daging yang banyak mengandung air. (Mar/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini