Sukses

Kilas Indonesia: Aktivis HAM Peringati 11 Tahun Kematian Munir

Para aktivis menuntut Presiden Joko Widodo menuntaskan berbagai kasus pelanggaran HAM.

Liputan6.com, Batu - Memperingati 11 tahun tewasnya aktivis HAM Munir Said Thalib, puluhan aktivis HAM bersama-sama membersihkan makam Munir di Kota Batu, Jawa Timur. Dari makam Munir, mereka berjalan menuju omah atau rumah Munir. Berita itu mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (8/9/2015).

Para aktivis menuntut Presiden Joko Widodo atau Jokowi menuntaskan berbagai kasus pelanggaran HAM. Dalam kasus Munir, pengadilan baru menghukum penjara 1 orang, yaitu pilot Garuda, Polycarpus yang kini sudah bebas.

Di Ternate, Maluku Utara, Gunung Gamalama, meletus, menyemburkan abu vulkanis setinggi 1.000 meter, Selasa 8 September pagi. Akibat letusan Gamalama, Bandara Sultan Babullah sempat ditutup, namun kemudian dibuka lagi. Warga diimbau tidak mendekati Gamalama kurang dari jarak 1 kilometer.

Di Garut, Jawa barat, diduga pengemudinya tidak mahir, sebuah mobil menabrak mundur 1 mobil, 1 motor dan 2 pejalan kaki. Akibatnya 2 orang kritis dilarikan ke rumah sakit. Insiden ini terjadi saat pengemudi hendak mengeluarkan mobil yang tengah diparkir.

Mengisi libur latihan sebelum diberangkatkan ke Papua, prajurit TNI Batalyon Infanteri 411 Pandawa, Salatiga, Jawa Tengah, beradu lomba adu cepat tarik truk. Truk seberat 2 ton ditarik satu regu beranggota 15 tentara, dengan panjang lintasan 150 meter. (Dan/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.