Sukses

Dolar Menguat, Harga Tempe Tak Mustahil Ikut Melonjak

Melemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar berdampak pada sejumlah barang impor di antaranya kedelai.

Liputan6.com, Cimahi - Kendati harga kedelai merangkak naik, sejumlah pengusaha tempe dan tahu tidak menaikkan harga jual tempe dan tahu. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa membeli tempe dan tahu dengan harga terjangkau.

Seperti dtayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (26/8/2015), melemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar berdampak pada sejumlah barang impor diantaranya kedelai. Harganya ikut merangkak naik dari Rp 6.900 menjadi Rp 7.300 per kg.

Kenaikan harga kedelai berdampak kepada para pengusaha tahu dan tempe. Mereka terus berproduksi agar tidak melakukan pemutusan hubungan kerja.

Mengingat daya beli masyarakat masih rendah, pengusaha tidak menaikkan harga jual tempe dan tahu. Pengusaha memilih mengurangi keuntungan dan menjual tahu dan tempe dengan harga lama.

Seperti yang terjadi di pasaran Kota Cimahi. Harga tempe tidak mengalami kenaikan dan masih dijual dengan harga Rp 5 ribu per potong. Hal ini dilakukan agar masyarakat masih bisa mengonsumsi tempe dengan harga yang terjangkau.

Namun jika pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar terus berlanjut, tidak mustahil harga tahu dan tempe ikut naik. (Nda/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini