Sukses

6 Titik Retakan Baru Muncul di Punggung Gunung Raung

Kini status Gunung Api Raung juga masih di level siaga akibat aktivitas kegempaan yang terjadi terus menerus.

Liputan6.com, Bondowoso - Aktivitas Gunung Api Raung di Jawa Timur terus berlangsung. Pemantau gunung api itu menemukan ada 6 titik retakan baru di punggung Gunung Raung yang berpotensi membahayakan pemukiman tepat di lereng bukit.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (7/8/2015), gunung api ini masih terus menyemburkan material vulkanik tebal berwarna pekat dengan ketinggian hingga 1.000 meter dan mengarah ke tenggara dan selatan.

Kini status Gunung Api Raung juga masih di level siaga akibat aktivitas kegempaan yang terjadi terus-menerus. Tim gabungan menemukan kajian terbaru berupa 6  titik retakan di punggung gunung area perbatasan Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.

Akibatnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso memindahkan penanganan bencana ke Kecamatan Tlogosari yang berpotensi terkena aliran lava pijar longsor maupun lahar dingin.

"Kita adakan pemetaan itu. Ternyata jumlah penduduk yang terdampak itu Kecamatan Sumber Wringin 2.000, sedangkan di Tlogosari 6.000," kata Kasi Kesiapsiagaan BPBD Bondowoso Hendri Widotomo.

Meski demikian warga di Kecamatan Tlogosari diimbau agar tetap tenang dan tidak beraktivitas di areal 3 kilometer, radius bahaya erupsi Gunung Raung. (Mar/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.