Sukses

Jendela Dunia: Mumi Chincorro Jauh Lebih Tua dari Mumi di Mesir

Mumi chinchorro yang ditemukan di wilayah Arica dikampanyekan untuk mendapat pengakuan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Liputan6.com, Spanyol - Kebakaran melanda sebuah kawasan hutan di wilayah Catalunya, Spanyol, Senin 27 Juli waktu setempat. Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kobaran api. Berita itu mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV , Selasa (28/7/2015).

Pejabat setempat menyatakan, kebakaran itu merupakan yang terbesar di wilayah Catalunya sepanjang tahun ini. Sekitar 1.000 hektare lahan hangus terbakar. Sejauh ini dilaporkan belum ada korban dari inisden ini.

Di Nusaybin, Turki, sejumlah demonstran terlibat bentrok dengan aparat kemanan di wilayah Nusaybin, Provinsi Mardin, Turki, Minggu 26 Juli malam waktu setempat. Aparat keamanan terpaksa melepas tembakan gas air mata ke arah demonstran yang mulai bertindak anarkis.

Para demonstran menentang serangan udara Turki yang menargetkan kelompok radikal ISIS di Suriah, serta pemberontak Kurdi di Irak.

Di Korea Utara, memperingati berakhirnya pertempuran dalam perang Korea, dengan perayaan kembang api di Kota Pyongyang, Senin malam waktu setempat. Warga Korea Utara mengenangnya dengan istilah 'hari kemenangan.'

Perang antara Korea Utara dan Korea Selatan pecah pada  25 Juni 1950 dan gencatan senjata disepakati pada 27 Juli 1953.

Sementara di Arica, Chile, beberapa jenazah mumi chinchorro yang ditemukan di wilayah Arica, sejak 1980 kini mulai dikampanyekan untuk mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Mumi chinchorro merupakan mumi tertua di dunia, jauh lebih tua dari mumi Mesir. Berdasarkan penanggalan radiokarbon, mumi chincorro berasal dari tahun 5050 sebelum Masehi. (Dan/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini