Sukses

Pawai Takbir Keliling Kota Sambut Idulfitri dari Sejumlah Daerah

Ribuan umat Islam di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis malam melakukan pawai takbir keliling Kota Manokwari di Jalan Siliwangi.

Liputan6.com, Manokwari - Ribuan umat Islam di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis malam melakukan pawai takbir keliling Kota Manokwari yang dimulai di Jalan Siliwangi. Pawai takbir baru dimulai pukul 21.00 WIT timur karena menunggu kepastian hasil Sidang Isbat Kementerian Agama di Jakarta.

Meski dilakukan dengan arak-arakan kendaraan pawai, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (17/7/2015), takbir berlangsung tertib dengan kawalan kepolisian Resort Manokwari.

Di Kota Pinrang, Sulawesi Selatan, ribuan umat Islam dari berbagai masjid tumpah ruah ke jalan-jalan menggelar pawai takbir menggemakan suara takbir. Setiap masjid berpawai takbir dengan mobil hias sedangkan warga berpawai menggunakan mobil dan sepeda motor.

Ramainya lalu lintas dan tidak patuhnya warga membuat banyak warga yang terjebak kemacetan di malam takbiran.

Sementara pawai takbir menyambut Idulfitri 1436 Hijriyah berlangsung meriah di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah. Pawai takbir yang dikoordinir pemerintah Kota Plangkaraya tak ubah layaknya karnaval budaya dengan 50 mobil hias dan 200 sepeda motor.

Warga pun menikmati menyaksikan pawai takbir di kawasan Bundaran Besar, Kota Palangkaraya itu. Pawai takbir sengaja digelar pemerintah setempat untuk melestarikan budaya tahunan umat Islam di ibukota Provinsi Kalimantan Tengah tersebut.

Di Kampung Islam, Kepaon, Denpasar, Bali, pawai takbir tahun ini diwarnai atraksi 2 barongsai khas tiongkok yang dihadirkan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia. Malam takbiran juga diisi dengan pawai dokar dan mobil dengan hiasan janur yang berkeliling Kampung Islam Kepaon melantunkan lafaz takbir. (Mar/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini