Sukses

Pasukan Irak Bersama Milisi Syiah Terus Gempur ISIS

ISIS kini mengendalikan sekitar sepertiga wilayah Irak dan Suriah.

Liputan6.com, Baghdad - Para pejuang dari Brigade Perdamaian Syiah di Irak bergerak makin dekat ke posisi yang dilaporkan dikuasai oleh kelompok Negara Islam atau ISIS di Provinsi Salahuddin, Baghdad bagian utara.

Seorang pejuang Syiah mengatakan mereka bisa mengusir ISIS dari beberapa desa kecil dan distrik di Salahuddin. Desa-desa yang berhasil dibebaskan dari ISIS berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Baghdad.

Berbagai bagian Salahuddin masih dibawah kendali militan ISIS yang mencaplok wilayah utara dan barat Irak, musim panas lalu. ISIS kini mengendalikan sekitar sepertiga wilayah Irak dan Suriah.

Di London, Inggris, aksi mogok masinis dan staff kereta bawah tanah selama 24 jam pada Kamis waktu setempat. Dampaknya para penumpang memilih beralih ke angkutan bus hingga antrean menjadi panjang.

Ada juga warga London yang memilih bersepeda atau berjalan kaki menuju tempat kerja. Lalu lintas Kota London pun jauh lebih padat dari biasanya.

Para masinis dan staf kereta di London mogok kerja karena mempermasalahkan upah dan jadwal kerja, terkait rencana layanan kereta bawah tanah selama 24 jam yang segera dimulai tahun ini.

Sementara di Pamplona, Spanyol, ribuan orang kembali adu nyali dengan berlari di depan banteng-banteng galak dalam Festival Lari Banteng San Fermin di Pamplona.

Lima warga Spanyol terluka dalam lari banteng yang ketiga tahun ini. Laporan dari Rumah Sakit Navarra menyebutkan kelima orang cedera tersebut tak ada yang terluka serius.

Pada lari banteng pukul 08.00 pagi, Kamis, yang berlangsung 2 menit 27 detik, tak ada orang yang terluka atau tertanduk banteng.

Seekor banteng sempat mengejar sekelompok peserta yang terdiri dari sekitar 20 orang dan menanduk beberapa di antaranya, namun tak ada yang tertusuk atau tergores tanduk.

Dalam insiden lain, seorang peserta juga sempat terkejar banteng dan kaosnya tersangkut tanduk.

Seorang warga Australia tertanduk banteng pada Rabu 8 Juli kemarin. Sementara pada Selasa 7 Juli, dua warga Amerika Serikat dan seorang warga Inggris juga terkena tandukan banteng. (Dan/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini