Sukses

Pengemudi Becak Berburu Zakat dari Para Dermawan

Tak banyak memang zakat yang didapat, tetapi bagi warga miskin itu sudah sangat membantu.

Liputan6.com, Polewali Mandar - Hari semakin siang, namun bukannya mencari penumpang, para tukang becak di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ini justru saling berbagi kabar soal pemberian zakat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (7/7/2015), mereka kini sibuk mencari informasi siapa dermawan yang sedang membagikan zakat.

Hari ini kabar sudah didapat bahwa pemberi zakat adalah warga di Kelurahan Sarampu. Maka beramai-ramailah para penarik becak mendatangi rumah dermawan itu.

Ternyata di tempat itu sudah antre pula warga kurang mampu lain. Tak banyak memang jatah yang didapat, tetapi bagi warga miskin itu sudah sangat membantu. "Dapatnya terigu 1 kg, gula 1 kg. Perasaannya senang karena bisa dikatakan setiap tahun ada pembagian zakat," ucap salah seorang tukang becak.

Selain dalam bentuk sembako seperti beras, gula, dan terigu serta sirup, pemberi zakat juga memberi uang tunai antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Bagi warga yang mampu membayar zakat selain untuk menjalankan perintah agama, juga sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Hari ini para tukang becak bersyukur karena kebagian rezeki zakat. Besok mereka akan berburu kabar lagi di mana ada dermawan yang membayarkan zakat. Para tukang becak akan mendatangi dermawan itu agar dapur tetap mengepul dan anak istri bisa berbaju baru di hari Lebaran adalah harapan mereka.

Namun selalu berharap rezeki dari zakat orang lain tentu saja tidak lebih baik daripada hasil kerja keras diri sendiri. (Vra/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini