Sukses

Indahnya Pemandangan Bawah Laut di Ujung Barat Tanah Air

Sabang terkenal karena keindahan lautnya. Airnya jernih dan bening ditambah dengan biota laut yang beraneka ragam.

Liputan6.com, Sabang - Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau. Tentu saja, siapa yang tak mengenal Kota Sabang. Namanya disebut dalam lagu nusantara tersebut karena letaknya yang berada paling ujung barat Tanah Air.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (7/6/2015), Sabang pun terkenal karena keindahan lautnya. Airnya jernih dan bening ditambah dengan biota laut aneka rupa membuat Sabang menjadi destinasi populer mancanegara.

Dalam kunjungan kali ini, tim Liputan 6 SCTV tak hanya sekedar berwisata. Kami bersama Marinir Angkatan Laut punya misi khusus di Sabang. Misi itu adalah "Save Our Littoral Life" adalah aksi nyata menyelamatkan alam bawah laut yakni dengan menanam sejuta terumbu karang di Indonesia.

Hal pertama yang dilakukan adalah media untuk menempelkan bibit terumbu karang diturunkan ke dasar laut. Peletakkan media ini sebaiknya berada di kedalaman lebih dari 5 meter, agar tak terganggu air yang pasang surut.

Selanjutnya, terumbu karang diikat satu persatu ke substrak yang tersedia. Karang pun nantinya akan tumbuh dan dapat menjadi tempat ikan berlindung serta berkembang biak.

Indahnya alam bawah laut tak akan abadi apabila manusia tak ikut menjaganya. Oleh karenanya, Gerakan Penanaman Sejuta Terumbu Karang di Sabang akan terus dilanjutkan ke berbagai wilayah di Indonesia, untuk terus memastikan kelestarian alam bawah laut. (Vra/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.