Sukses

Begini Jika Robot dan Pocong Ikut Operasi Patuh Jaya 2015

Robot dan pocong mengampanyekan pentingnya keselamatan berlalu-lintas saat Operasi Patuh Jaya 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Bagaikan pahlawan super dalam film laga, robot-robot polisi beraksi di jalanan Ibukota. Tentu saja bukan robot asli karena sang polisi tidak memakai jubah baja sungguhan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (6/6/2015), tak hanya itu, ada juga yang 1 lebih menyeramkan. Pocong pun turut serta mengampanyekan aksi keselamatan berlalu-lintas. Tujuan diikutsertakan pocong adalah sebagai simbol kematian jika masyarakat tidak menaati peraturan yang berlaku.

"Kemudian yang robot-robot ini sifatnya untuk melihat bahwa robot saja tertib menggunakan helm, apalagi pengendara sepeda motor yang ada di jalan. Begitu Operasi Patuh Jaya ini kami lakukan supaya menyadarkan hati masyarakat bahwa tertib berlalu-lintas itu penting bagi keselamatan pribadinya," ucap Kapolsek Muara Baru Kompol Mulyana.

Aksi unik ini digelar Polsek Muara Baru, Jakarta Utara sebagai bagian dari Operasi Patuh Jaya 2015. Meski tidak ditilang, para pelanggar mengaku kapok.

Pada Operasi Patuh Jaya di Ibukota hari ke-10 Kamis 4 Juni 2015, polisi memfokuskan razia terhadap kendaraan roda 4 berplat merah serta kendaraan yang mengganti platnya.

Seorang pengendara mobil pegawai kementerian, menutup plat merah dengan plat hitam diduga menyalahgunakan fungsi mobil dinas untuk kepentingan pribadi.

Petugas lalu lintas di Jakarta Pusat juga sudah menilang sekitar 7 ribu kendaraan yang melanggar. Mulai dari kendaraan roda 2 yang memasuki jalur cepat, hingga kendaraan tidak dilengkapi surat-surat. Operasi Patuh Jaya masih akan digelar sampai 9 Juni mendatang. (Vra/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini