Sukses

Lada Diduga Berbahan Semen Putih Beredar di Garut

Di Garut, Jawa Barat, warga mencurigai adanya bumbu masak jenis lada atau merica yang diduga dicampur semen putih.

Liputan6.com, Garut - Para ibu rumah tangga ada baiknya waspada terhadap bumbu masak di rumah. Karena di Garut, Jawa Barat, warga mencurigai adanya bumbu masak jenis lada atau merica yang diduga dicampur semen putih.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (5/6/2015), sepintas tampilan lada yang dicurigai warga kampung Cicageur, Desa Padasuka, kecamatan Cibatu, Garut, Jawa Barat ini mirip dengan lada pada umumnya. Namun saat dilihat dari dekat, warna lada ini terlihat lebih putih. Inilah yang membuat warga curiga jika lada ini palsu.

Sudah 1 pekan ini warga kampung Cicageur dibuat resah dengan beredarnya merica atau lada yang diduga palsu.

Perbedaan lainnya, saat ditumbuk lada palsu ini lebih keras dan mengeluarkan serbuk putih serta tidak mengeluarkan bau khas lada. Mereka curiga terbuat dari tepung atau semen putih.

Saat ini, lada yang diduga palsu tersebut masih beredar di warung-warung dan pasar tradisional kecamatan Cibatu. Dalam kemasannya, lada itu dijual seharga Rp 500 per bungkus kecilnya.

Warga kini mulai kritis terhadap makanan yang beredar di pasaran. Diharapkan temuan ini bisa ditindaklanjuti pihak terkait agar tidak membahayakan penggunanya. (Nda/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini