Sukses

Pantang Menyerah: Si Kecil Ridwan yang Rawat Keluarganya

Sejak 2 tahun lalu, Ridwan merawat ayah dan 2 kakaknya yang lumpuh di rumahnya di Bojongloa, Bandung, Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung - Bagi Ridwan Gunawan, waktu pulang sekolah bukan berarti waktu bermain. Bocah kelas 5 SD ini langsung menyiapkan makan siang untuk keluarganya, tentu saja dengan bahan seadanya.

Seorang diri Ridwan adalah tulang punggung keluarga. Sejak 2 tahun lalu, Ridwan merawat ayah dan 2 kakaknya yang lumpuh di rumahnya di Bojongloa, Bandung, Jawa Barat.

Ada sejenis penyakit turunan yang telah lama menjerat keluarga Ridwan. Sang ayah lumpuh sejak 20 tahun lalu. 2 kakaknya Holidin yang berusia 26 tahun dan Devi berusia 22 tahun lumpuh sejak akhir masa remaja.

Bukan hanya masalah penyakit, si kecil Ridwan juga harus bertarung dengan kemiskinan. Untuk mendapatkan biaya hidup, Ridwan berkeliling kampung menjual kue. Hasilnya hanya Rp 5.000 sampai Rp 10.000 sehari.

Walau menghadapi beragam tantangan hidup, Ridwan ternyata tak pernah patah semangat. Ridwan juga selalu berprestasi di sekolah. Ridwan bercita-cita menjadi guru, tetapi cita-cita jangka pendeknya sederhana, Ridwan ingin ayah dan kakak-kakaknya sembuh. Ridwan pun memiliki motto hidup, gapai cita-cita dan jangan menyerah dengan keadaan.

Saksikan kisah Ridwan yang harus rela berjuang untuk sekolah, merawat saudara serta ayahnya, dan mencari rezeki dalam Pantang Menyerah selengkapnya yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (29/5/2015). (Vra/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini