Samsung Galaxy S5 Dipastikan Pakai Sensor Sidik Jari

Oleh Ervina Anggraini pada 18 Feb 2014, 13:19 WIB
Diperbarui 18 Feb 2014, 13:19 WIB
finger-sensor-140218b.jpg
Perbesar

Teka-teki mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S5 kembali berhembus. Jika sebelumnya flagship terbaru Samsung ini dipastikan mengusung layar 5,25 inci Quad HD (QHD) alias 2K dengan resolusi 2.560 × 1.440 piksel, kini spesifikasi pendukung lain kembali mengemuka.

Kabar yang sempat menyebut bahwa Samsung akan menyertakan sebuah sensor pengaman bukan lagi sebuah rumor. Perusahaan asal Korea Selatan ini telah mengkonfirmasi kehadiran sensor sidik jari pada handset terbarunya itu.

Kepada Sammobile, Samsung mengkonfirmasi dan menjelaskan lebih rinci pola implementasi sensor sidik jari pada Galaxy S5. Layaknya yang ditemui pada iPhone 5S, Samsung juga meletakan sensor sidik jari pada tombol fisik 'home'.

Sensor ini dapat bekerja dengan cara menempelkan jari pada tombol home untuk mendaftarkan dan mengenali sidik jari sang pengguna. Samsung juga mengkonfirmasi jika sensor besutannya ini cukup sensitif terhadap kelembaban, sehingga pengguna tidak perlu khawatir ponsel tidak dapat mengenali jari yang mudah berkeringat.

Namun pengecualian lain bagi jari yang basah, sensor tidak akan mengenalinya. Ada baiknya jari dikeringkan terlebih dahulu baru ditempelkan ke sensor pengenal sidik jari.

Samsung memastikan penggunanya dapat menggunakan 8 sidik jari untuk fungsi yang berbeda satu sama lain. Misalnya satu jari untuk shortcut ke aplikasi tertentu, enam jari lainnya untuk shortcut ke fitur atau game favorit, dan satu jari wajib sebagai pengganti kunci layar.

Rival senegara LG ini juga memastikan kehadiran folder pribadi dan private mode yang dapat menyembunyikan aplikasi, konten dan widget personal sang pengguna agar tidak diakses oleh orang lain. Untuk membuka dan menutup folder pribadi ini, pengguna dapat menempelkan sidik jari atau kombinasi PIN yang sebelumnya telah didaftarkan di pengaturan ponsel.



Baca juga:
Samsung Galaxy S5 Resmi Sematkan Layar QHD?
Samsung Bocorkan Fitur Galaxy S5 Lewat Foto Unpacked 5

Hasil Benchmark Tunjukkan Galaxy S5 Kalahkan Note 3
Samsung Ungkap Waktu Peluncuran Galaxy S5
Inikah Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S5?