Sukses

Layanan Data XL Tumbuh 142 Persen

Traffic Data XL tumbuh 142% dengan total pelanggan data mencapai 33 juta pelanggan atau sekitar 54% dari total pelanggan XL.

Tahun 2013 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi operator XL Axiata karena ketatnya persaingan. Meski begitu XL mengklaim sanggup menstabilkan dan membawa perubahan arah perusahaan.

Berdasarkan hasil audit pencapaian kinerja keuangan selama tahun 2013, XL menorehkan kinerja yang bagus di layanan data dan pertumbuhan pelanggan.

"Layanan data kembali menjadi layanan dengan tingkat pertumbuhan tercepat dan menjadi kunci kontributor dengan kontribusi sebesar 23% dari total pemakaian pendapatan dibandingkan 20% dari tahun lalu. Selain itu, Traffic Data juga tumbuh 142% dengan total pelanggan data mencapai 33 juta pelanggan atau sekitar 54% dari total pelanggan XL," kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi.

Selama tahun 2013 XL memang fokus pada layanan data. Di antaranya dengan menggandeng Google untuk menawarkan Rumah Android bagi pengguna Android, merilis Android Starter Pack, berkolaborasi dengan beberapa aplikasi seperti KakaoTalk, Facebook dan WeChat untuk memperkuat posisi XL di komunitas jejaring sosial.

XL juga gencar melakukan promo penawaran handset-handset seperti BlackBerry, iPhone, Nokia, Samsung - Android dan sebagainya. Selama 2013, pengguna smartphone yang memakai layanan data XL tumbuh 21% dibanding tahun lalu, mencapai 10,2 juta pelanggan atau 17% dari total pelanggan.

Sesuai strategi XL untuk tetap fokus dalam investasi pada jaringan infrastruktur layanan data, XL juga melakukan ekspansi di infrastruktur jaringan data dengan menambah Node B dan BTS 2G di seluruh Indonesia. Hingga kini XL telah memiliki 15.068 Node B, meningkat 15% dari tahun lalu.

Total BTS 2G dan 3G yang dimiliki XL saat ini tercatat sebanyak 44.946 BTS. XL juga berupaya meningkatkan jaringan dengan melakukan modernisasi jaringan 2G dan 3G di mayoritas wilayah di Indonesia. Modernisasi ini akan memberikan kecepatan jaringan yang lebih baik, kapasitas dan efisiensi energi.

Dari sisi pelanggan, XL mencatat pertumbuhan pelanggan sebesar 32%. Hingga akhir tahun 2013 XL memiliki jumlah pelanggan sebesar 60,5 juta.


Baca juga:
Bos XL Optimis KPPU Akan Restui Merger XL-Axis
XL Sudah Dapat Modal Kawini Axis?
Pemegang Saham Restui XL dan Axis Merger


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini