Sukses

Download Video `Look Back` Facebook Anda Agar Tak Hilang!

Facebook tidak menyediakan link untuk men-download video Look Back itu. Anda hanya bisa men-sharenya saja di Facebook.

Facebook memberikan kado spesial bagi pengguna layanannya yang berjumlah milyaran orang untuk memperingati satu dekade usia Facebook. Kado tersebut berupa video "Look Back" berisi postingan yang pernah diunggah setiap pengguna selama di Facebook.

Melihat video itu, tentu banyak Facebookers yang terharu dibuatkan video oleh Facebook. Mereka jadi bisa bernostalgia mengingat kapan mereka pertama kali bergabung di Facebook dan foto Anda dengan Likes terbanyak di situs jejaring sosial tersebut.

Dalam video ini Facebook menampilkan potongan-potongan kecil dari momen-momen pribadi yang Anda posting, dengan transisi gambar yang halus dan dilengkapi musik. Tapi tahukah Anda, video kenangan manis berdurasi satu menit itu hanya akan tersedia selama 1 bulan saja.

Facebook tidak menyediakan link untuk men-download video Look Back itu. Anda hanya bisa men-sharenya saja di Facebook. Lalu jika ingin menyimpan video tersebut, bagaimana caranya?

1. Pertama, buka dulu URL video Look Back Anda di http://facebook.com/lookback. Jangan lupa login dulu agar bisa melihat video milik Anda. 

2. Pada halaman Facebook Look Back Anda, bukalah javascript debugger lalu paste kode script di bawah ini, kemudian tekan Enter. Untuk membuka javascript debugger, caranya:

Mac: tekan keyboard ALT-COMMAND-j

Windows: 
CTRL-SHIFT-j (Chrome)
CTRL-SHIFT-k (Firefox)

Kode script yang harus di-copy paste:

var xLBD = {};
xLBD.c = function (){
xLBD.f = unescape(document.querySelector("[flashvars]").getAttribute("flashvars")).substring(7);
xLBD.f = JSON.parse(xLBD.f.substring(0, xLBD.f.lastIndexOf("}") + 1)).video_data[0].hd_src;
xLBD.a = "

";
document.body.innerHTML += xLBD.a;
}
if(document.readyState == "complete")
xLBD.c();
else window.onload = xLBD.c;


3. Setelah javascript debugger  terbuka, paste kode di atas.
4. Selanjutnya akan muncul jendela popup  di komputer bertuliskan: click here to download your Look Back video. Klik "here". Sebuah window popup video Anda akan muncul.

5. Klik kanan pada video tersebut, lalu pilih "Save Video As". Beri nama file video tersebut lalu simpan di komputer Anda.

Sekarang video kenangan manis Anda yang dibuat oleh Facebook bisa jadi milik Anda dan dipastikan tidak akan hilang.


Baca juga:
Video `Look Back` Ramai Hiasi Timeline Facebook
Ini Dia 25 Orang Pemilik Pertama Akun Facebook
Apa Yang Disukai dan Tak Disukai Pengguna Facebook?
10 Fakta Mengejutkan Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini