Sukses

Google Peringati 200 Tahun Kelahiran Arsitek Patung Liberty

Eugène Viollet-le-Duc merupakan arsitek yang disewa untuk merancang struktur internal dari Patung Liberty.

Google kembali membuat sebuah doodle untuk memperingati sosok yang berkontribusi kepada dunia. Sosok itu tak lain adalah Eugène Viollet-le-Duc, seorang arsitek dan pemikir ulung asal Prancis yang lahir 200 tahun lalu, tepatnya 27 Januari 1814.

Eugène Viollet-le-Duc merupakan arsitek yang disewa untuk merancang struktur internal dari Patung Liberty, yang dijadikan hadiah dari Perancis untuk Amerika Serikat. Namun sayangnya, ia sudah meninggal sebelum proyek tersebut rampung.

Pria yang lahir di kota Paris ini populer karena dianggap sebagai pelopor kebangkitan arsitektur Gotik. Memiliki nama lengkap Eugène Viollet Emmanuel-le-Duc, ia terkenal melalui karya seninya yang bersifat 'restorasi' bangunan abad pertengahan.

Viollet-le-Duc juga seorang filosofis, republikan, antiklerikal, dan pemberontak. Ia turut serta bergabung dengan barikade dalam Revolusi Juli 1830 dan menolak bergabung dengan École des Beaux-Arts.

Karya-karya Viollet-le-Duc rata-rata bersifat restoratif terhadap desain bangunan independen yang telah berdiri. Hal itu sangat bertentangan dengan tren arsitektur Beaux-Arts yang berlaku waktu itu. Oleh karenanya, beliau sering dicemooh oleh orang-orang pada zamannya.

Viollet-le-Duc menyelesaikan pendidikannya di Italia pada tahun 1835 dan langsung diberi tugas untuk merestorasi sejumlah biara dan kastil pada masa Kekaisaran Perancis Kedua, termasuk mahkota duri di Notre Dame de Paris.

Kemudian pada tahun 1874, Viollet-le-Duc mengundurkan diri sebagai arsitek keuskupan Paris dan digantikan oleh Paul Abadie.

Di masa tuanya, Viollet-le-Duc menetap di Lausanne, Swiss. Di kota ini ia membangun sebuah villa yang dijadikan tempat peristirahatannya tinggal hingga tutup usia pada 17 September 1879, dalam usia 65 tahun.

Google Doodle pertama kali dipasang oleh Google pada tahun 1998, yang kala itu menampilkan festival Burning Man yang dihadiri oleh dua penemu Google, Larry Page dan Sergey Brin. Google Doodle sekarang sudah menjadi fitur umum untuk merayakan momen spesial dengan ilustrasi unik di halaman utama situs pencarian ini. (den/isk)


Baca juga : 

Sebelum Beli, Cek 6 Keunggulan Dari iPhone 5S dan iPhone 5C!
Harga iPhone 5S dan 5C Terpaut Jauh, Mana Yang Lebih Diminati?
Ini Alasan Sambutan iPhone 5S & 5C Tak Meriah di Indonesia
Mengapa iPhone 5S Lebih Disukai Konsumen Ketimbang iPhone 5C?
Ponsel Windows Phone Terjual Dua Kali Lipat di Musim Liburan

Google Peringati Dokter Penemu Penyebab Demam Kuning
Ultah Marinir Wanita Sang Jenius Komputer Dirayakan di Google
Google Doodle Meriahkan Perayaan Tahun Baru 2014
Wanita Cantik di Halaman Depan Situs Pencarian Google

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.