Lebih Dari 750.000 Spam Ternyata Berasal Dari Kulkas dan TV!

Oleh Iskandar pada 20 Jan 2014, 13:40 WIB
Diperbarui 20 Jan 2014, 13:40 WIB
dapur-140120b.jpg
Perbesar
Perusahaan keamanan yang berbasis di Amerika Serikat, Proofpoint mengklaim serangan cyber ternyata juga melibatkan peralatan rumah tangga pintar, seperti kulkas dan televisi (TV).

Proofpoint menemukan lebih dari 750 ribu pesan sampah alias spam messages dikirim dari 100 ribu perangkat rumah tangga pintar, antara tanggal 23 Desember 2013 dan 6 Januari 2014. Internet routers, TV, dan kulkas dicurigai telah digunakan untuk mengirim pesan sampah.

Mengutip laman The Telegraph, pesan itu biasanya dikirim sebanyak 100.000 pesan dalam tiga kali sehari, menargetkan kalangan bisnis dan individu. Dari semua pesan sampah itu, lebih dari 25 % pesan diketahui dikirim melalui komputer atau perangkat mobile dan tidak lebih dari 10 % dikirim dari alamat IP.

Menurut Proofpoint, sebagian besar perangkat yang digunakan untuk mengirim pesan tidak terlalu berbahaya dan rumit, namun itu dapat menyerang password untuk mencuri data dari perangkat mobile yang terhubung ke internet.  

Perangkat pintar yang ada saat ini kebanyakan tidak dilindungi oleh anti virus atau anti spam seperti laptop, dan tidak secara rutin dipantau oleh tim yang berdedikasi untuk mencegah serangan tersebut.

"Banyak dari perangkat mobile kurang dilindungi dan konsumen hampir tidak tahu cara untuk mendeteksi atau memperbaiki infeksi ketika perangkat mereka di-hack. Sebuah perusahaan mungkin bisa menemukan serangan yang terjadi, namun hacker lebih pintar dari mereka," kata David Knight selaku General Manager Proofpoint, divisi Information Security.

International Data Corporation (IDC) memprediksi akan ada lebih dari 200 milyar perangkat yang terhubung ke internet pada tahun 2020 mendatang, termasuk microwave, kamera keamanan, TV, dan pusat-pusat multimedia. (isk)


Baca juga:
Kena Hack, Sejumlah Pengguna Path Terima `Pesan Sampah`
Malware di Situs Yahoo Juga Serang Pengguna di Luar Eropa!

Hati-hati, Ada Malware Bersembunyi di Situs Yahoo!
Tak Hanya Smartphone, Malware Juga Serang Mesin ATM!










Tag Terkait