Sukses

Ingin Perluas Pasar, Baidu Akan Buka Kantor di Indonesia

Akhir tahun ini Baidu akan membuka lima kantor di luar China. Tiga di antaranya adalah Indonesia, Mesir, dan Jepang.

Google berhasil menjadi situs pencarian yang populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Akan tetapi, perusahaan yang berpusat di Mountain View, Amerika Serikat itu tak selamanya bisa berada di atas awan.

Pasalnya sebuah situs pencarian asal China, Baidu, akan menggempur pasar Indonesia. Baidu sendiri diketahui telah memasuki pasar internet di Indonesia sejak 30 Juli 2013.

Baidu mengaku memilih Indonesia karena memiliki jumlah penduduk yang cukup besar, guna memperluas ekspansinya di industri teknologi. 

"Indonesia memiliki jumlah populasi sekitar 242,3 juta penduduk. Bagi Baidu, angka itu merupakan jumlah yang cukup besar," kata Bob Bao, Managing Director Baidu Indonesia, Kamis (19/12/2013) di Jakarta.

Bob menyebut, pihaknya telah menyiapkan langkah strategis agar ke depannya bisa lebih optimal dalam mengekspansi pasar pengguna internet di Tanah Air.

"Kami akan membuka PT Baidu Indonesia tahun depan, membuat produk lokal, dan tentunya Baidu akan mengikuti semua aturan main yang diterapkan dalam ekosistem internet di sini," tambah Bob.

Baidu juga menargetkan, di akhir tahun ini akan membuka lima kantor di luar China. Tiga di antaranya adalah di Indonesia, Mesir, dan Jepang. Bahkan perusahaan ini berencana akan membuka kantor perwakilan di Saudi Arabia pada tahun 2014.

Sebelum Baidu masuk ke Indonesia, Google dan Yahoo telah lebih dulu memasuki pasar internet di Tanah Air. Kehadiran Baidu tentu akan membuat pasar situs pencarian dan internet di Indonesia semakin ramai. (den/isk)


Baca juga:
[VIDEO] Yahoo Siapkan Layanan Pesaing Siri dan Google Now
Pengguna Aplikasi Perangkat Mobile Bertumbuh Pesat
Episode Baru Candy Crush Saga Resmi Dirilis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.