Sukses

Pelaku Industri Kreatif Dongkrak Layanan Data Telkomsel

Wilayah dengan basis industri kreatif yang besar diklaim mengalami pertumbuhan penggunaan data internet hingga 100%.

Industri perangkat mobile di Tanah Air belakangan ini melonjak sangat pesat. Buktinya, menurut data yang dirilis Yahoo dan Mindshare beberapa waktu lalu, saat ini ada sekitar 41,3 juta pengguna smartphone dan 6 juta pengguna tablet di Indonesia.

Jumlah tersebut diyakini bakal terus berkembang dengan pesat khususnya di wilayah perkotaan. Hal ini tentunya memiliki kontribusi yang sangat signifikan terhadap meningkatnya jumlah pengguna layanan data para penyedia layanan data di Indonesia. Telkomsel contohnya.

Menurut Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid, hingga menjelang akhir tahun 2013 ini, tercatat sudah ada sekitar 60 juta pelanggan layanan data Telkomsel. Jumlah tersebut meningkat 40% dibanding tahun 2012 lalu. 

"Tahun depan kami targetkan sekitar 80 hingga 100 juta pelanggan layanan data," ungkap Mas'ud saat ditemui tim Tekno Liputan6.com di Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Lebih lanjut Mas'ud menjelaskan, pertumbuhan pelanggan layanan data di tahun 2013 ini didukung penuh oleh para pelaku industri kreatif. Wilayah-wilayah yang menjadi basis industri kreatif termasuk pariwisata dan kuliner diklaim mengalami pertumbuhan penggunaan data internet hingga 100%.

"Pengguna layanan data di wilayah dengan populasi industri kreatif yang sangat baik seperti Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Makasar, dan tentunya Jakarta jadi penyumbang pelanggan layanan data yang sangat potensial," ujar Mas'ud. 

Para pelaku industri kreatif seperti e-commerce dan pengembang aplikasi, kerap menggunakan layanan data internet untuk memasarkan berbagai jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Pemasaran via platform online dimanfaatkan para pelaku industri kreatif karena dianggap mampu meminimalisir biaya promosi. (dhi)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.