Sukses

Sebulan Rilis, Adopsi Windows 8.1 Salip Mac OS X

Jumlah adopsi Windows 8.1 saat ini telah melampaui pengguna Mac OS X dan Windows Vista sejak dirilis.

Absennya tombol Start pada sistem operasi Windows 8 sempat menuai protes dari sejumlah pengguna. Tidak mengherankan jika kemudian Microsoft memutuskan untuk kembali memboyong tombol tersebut pada versi update Windows 8.1.

Tombol ikonik tersebut ternyata sukses menjadikan Windows 8.1 diadopsi oleh sejumlah pengguna gadget pintar dunia. Dalam sebuah survei mengenai hardware dan software yang dilakukan oleh lembaga riset Valve, jumlah adopsi Windows 8.1 saat ini telah melampaui pengguna Mac OS X dan Windows Vista.

Saat ini Windows 7 masih menjadi sistem operasi yang paling banyak dipakai yakni mencapai 64,38%. Namun begitu Valve menyebut bahwa Windows 8.1 mengalami pertumbuhan yang cukup cepat karena saat ini pertumbuhannya telah mencapai 6,34%.

Menurut data yang dilansir The Next Web, Selasa (3/12/2013), di awal kehadirannya Windows 8.1 diadopsi sebesar 4,49% dan mengalami peningkatan mencapai 1,85% dalam kurun waktu sebulan. Senada dengan itu, angka adopsi Windows 7 juga mengalami peningkatan sebesar 0,44& dari sebelimnya sebesar 63,94%.

Namun di sisi lain pertumbuhan Windows 8 justru mengalami penurunan hingga mencapai 4,02% menjadi 12,11%. Begitu pula dengan Windows Vista dan Windows XP yang masing-masing mengalami penurunan sebesar 0,39% dan 0,22% pada akhir kuartal tiga tahun ini.

Sistem operasi besutan kompetitor seperti Mac OS X dan Linux juga mengalami penurun hingga mencapai 0,54% dan 0,12%.

Dengan angka pencapaian ini sejumlah pihak memprediksi pertumbuhan Windows 8.1 akan terus terjadi hingga tahun depan. Bahkan analis memprediksi perusahaan asal Redmond, Washington ini akan kembali menuai kesuksesan melalui kehadiran Windows 8.1. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini