Sukses

Qualcomm dan Nvidia Ikut Kembangkan Prosesor 64-bit?

Kedua perusahaan semi konduktor tersebut rencananya akan merilis prosesor quad-core 64-bit pada semester pertama tahun 2014.

Langkah Apple dalam memperkenalkan prosesor berarsitektur baru mulai diikuti oleh sejumlah perusahaan pengadopsi sistem operasi Android. Selain Samsung yang memastikan tengah mengembangkan prosesor 64-bit, kini perusahaan semi konduktor Qualcomm dan Nvidia pun memiliki rencana serupa.

Diwartakan Android Authority, Senin (2/12/2013), sebuah laporan terbaru menyebut kedua perusahaan semi konduktor tersebut rencananya akan merilis prosesor quad-core 64-bit pada semester pertama tahun 2014. Besar kemungkinan prosesor itu bakal diperkenalkan pada ajang pameran Costumer Electronic Show di Las Vegas, Amerika Serikat.

Chief Marketing Officer and EVP for Business Development ARM, Ian Drew sebelumnya kepada Digi Time mengatakan pada tahun 2014 akan terjadi peningkatan jumlah prosesor berbasis ARM 64-bit. Menariknya tahun depan bukan hanya perangkat mobile saja yang akan disematkan prosesor dengan arsitektur terbaru tersebut, tetapi juga jaringan hingga server.

Senada dengan Qualcomm dan Nvidia, perusahan semi konduktor asal Taiwan -- MediaTek -- baru-baru ini juga telah mengumumkan kehadiran prosesor Cortex - A7 octa-core. Solusi prosesor dengan kode nama MT6592 ini kabarnya akan menyasar perangkat murah namun mampu menawarkan kinerja ala perangkat high-end.

Prosesor 64-bit disebutkan mampu menawarkan kinerja 10 persen lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Arsitekturnya yang memungkinkan peningkatan RAM menjadi alasan kemampuan lebih baik yang cukup memikat banyak penggila gadget.

Kehadiran prosesor 64 bit di handset bertenaga Android mungkin menjadi sebuah inovasi terbaru. Mengingat Android dengan sejumlah mitra OEM akan kembali bertarung menghadirkan teknologi terbaru dan inovatif dalam menghadapi iOS besutan Apple. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini