Waspadalah, Sepanjang 2013 Lahir 10 Juta <i>Malware</i> Baru

Oleh Adhi Maulana pada 29 Nov 2013, 17:31 WIB
Diperbarui 29 Nov 2013, 17:31 WIB
new-malware-131129b.jpg
Perbesar

Menurut laporan terbaru yang dirilis produsen software keamanan asal Spanyol, Panda Security, hingga akhir kuartal ketiga tahun 2013 ini, ekosistem dan peredar malware semakin mengkhawatirkan. Bahkan, hasil penelitian perusahaan keamanan digital yang telah beroperasi sejak 1990 silam itu kali ini cukup mengerikan.

Mengutip laman Softpedia, Jumat (29/11/2013), Panda Security melaporkan bahwa di sepanjang tahun 2013, mulai Januari hingga Oktober 2013, telah lahir lebih dari 10 juta malware jenis terbaru.

Parahnya, 77% populasi malware yang beredar adalah jenis Trojan yang dikenal sangat berbahaya. Sementara di peringkat kedua terdapat jenis Worms 13%, dan diikuti oleh Virus dengan 9% populasi.



Laman The Hacker News sebelumnya juga sempat mengingatkan para pengguna perangkat komputasi agar berhati-hati terhadap jenis Trojan terbaru yang dikenal dengan nama Android/Trojan.Bank.Wroba. Jenis Trojan ini disinyalir memiliki kemampuan untuk bersembunyi di balik aplikasi e-banking yang dipasarkan via toko aplikasi.

Hal ini sangat berbahaya karena pengguna tanpa disadari dapat mengunduh aplikasi yang terinfeksi tersebut dan pada akhirnya data login e-banking korban bisa dicuri tanpa disadari.

Pihak Panda Security berharap para produsen perangkat teknologi ternama seperti Google, Microsoft dan Apple turut serta dalam usaha memerangi pertumbuhan populasi malware. Sebab, hampir seluruh jenis malware yang beredar saat ini memang ditujukan untuk menyerang perangkat ataupun sistem operasi besutan mereka, yang memang memiliki basis pengguna sangat besar. (dhi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya