Sukses

Android Makin Melesat, Pengguna BlackBerry Melorot

Pengguna BlackBerry diklaim turun, ini diketahui dari berkurangnya pengguna layanan BlackBerry Internet Services (BIS).

Android saat ini merupakan sistem operasi smartphone yang paling tumbuh pesat di seantero dunia. Menurut laporan dari lembaga riset GfK, hingga Agustus 2013 Android telah mendominasi 68,6% pasar smartphone.

Di Indonesia, perangkat Android juga menjadi salah satu platform perangkat mobile yang cukup digandrungi. Data dari Opera Software menyebutkan bahwa pengguna Android di Indonesia pada bulan Mei 2013 naik 189% dari bulan yang sama tahun lalu.

Peningkatan pengguna Android di Indonesia ternyata juga diakui oleh operator PT XL Axiata Tbk. Pelanggan yang memakai perangkat berbasis Android diklaim naik secara signifikan dalam setahun.

"Jumlah pelanggan yang menggunakan Android di XL naik pesat, dari September 2012 sampai September 2013 naiknya sekitar 300%," kata Edward Kilian Suwignyo, GM Marketing Communication PT XL Axiata Tbk yang Tim Tekno Liputan6.com temui di Mall Senayan City, Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Pertumbuhan yang terjadi di Android ternyata tak sebanding dengan pengguna BlackBerry yang lebih dulu menguasai pasar smartphone Indonesia. Pengguna BlackBerry diklaim turun, ini diketahui dari berkurangnya pengguna layanan BlackBerry Internet Services (BIS).

"Pengguna BlackBerry di XL terus berkurang, tapi gak banyak ya penurunannya. Itu juga kita lihatnya dari penggunaan layanan BIS yang memang hanya bisa dipakai pengguna BlackBerry," imbuh pria yang biasa disapa Kiki itu.

XL saat ini memiliki 58,1 juta pelanggan hingga kuartal ketiga 2013. Sekitar 33 juta pelanggan XL telah memanfaatkan layanan data dan 3,5 juta diantaranya memakai smartphone Android. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.