Sukses

Paseban, Jejaring Sosial Asli Indonesia Untuk Pendidikan

Selain menyediakan media interaksi sosial, Paseban juga menjadi satu-satunya jejaring sosial asli Indonesia yang mengurusi dunia pendidikan.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan basis pengguna jejaring sosial terbesar di dunia. Buktinya, saat ini Indonesia berada di peringkat kedua pengguna Twitter terbanyak di dunia.

Melihat potensi itu, sejak tahun 2011 lalu muncul sebuah jejaring sosial asli Tanah Air yang diberi nama Paseban. Paseban sendiri merupakan sebuah website (Paseban.com) yang tidak saja berisikan jejaring sosial, di dalamnya terdapat pula portal berita, social commerce dan toko aplikasi. Semuanya terintegrasi satu sama lain dan menciptakan sebuah platform berbasis internet yang sangat inovatif.

Hingga kini Paseban memiliki lebih dari 128 ribu pengguna aktif. 50% penggunanya berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa dengan rentang usia 18-24 tahun.

Hal ini sangat unik karena selain menyediakan media interaksi sosial online, Paseban juga menjadi satu-satunya jejaring sosial karya anak bangsa yang fokus mengurusi dunia pendidikan.

"Sejak beroperasi di tahun 2011, pendidikan merupakan segmen yang kami tuju. Kegiatan berinternet harus selalu bermanfaat, selain bersosialisasi, kita juga dapat belajar dengan orang lain tanpa mempedulikan jarak dan waktu," kata CEO Paseban Muhammad Ihsan Firdaus di Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Sebagai bukti kontribusi di dunia pendidikan, Paseban telah beberapa kali mengadakan program try out online tingkat nasional bagi seluruh pelajar mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMU. Dan kini, mereka telah merilis dua aplikasi pendidikan yang terintegrasi dengan platform jejaring sosial Paseban.

Kelas Online Paseban dan Math Maping

'Kelas Online Paseban' adalah sebuah aplikasi yang menyediakan media belajar mengajar online. Para anggota jejaring sosial Paseban dapat berperan menjadi pengajar maupun peserta ajar. Pengguna dapat berbagi konten dalam bentuk teks, video dan audio.

Nantinya konten pendidikan ini dapat diakses secara gratis maupun berbayar tergantung keinginan pemilik konten. Dengan begitu, selain menjadi media berbagai ilmu, aplikasi Kelas Online Paseban juga bisa dijadikan ajang mencari penghasilan tambahan bagi para penggunanya.

Sedangkan 'Math Maping' adalah sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi potensi kemampuan matematis Anda. Dengan aplikasi ini pengguna dari tingkat SD hingga perguruan tinggi, bahkan pengguna umum, dapat berlatih matematik dan mengukur kemampuannya dengan berbagai jenis ujian yang tersedia.

Math Maping tersedia secara gratis bagi member jejaring sosial Paseban. Namun tersedia pula versi berbayarnya yang telah dilengkapi sejumlah konten teori dan trik penyelesaian soal matematik hasil kerjasama dengan penyedia jasa bimbingan belajar Reksa asal Bandung. (dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.