Sukses

BlackBerry Akhirnya Sukses Salip Samsung

Mayoritas pengguna ponsel mengaku mulai migrasi ke ponsel besutan produsen asal Kanada tersebut tahun ini.

Ditengah kabar gonjang ganjing yang menimpa perusahaan, ternyata BlackBerry bisa menghasilkan sebuah kesuksesan. Meski secara global performa BlackBerry kian merosot tajam, namun di Afrika Selatan justru terjadi sebaliknya.

Laporan terbaru yang dirilis Dashboard dan World Wide Worx menunjukkan bahwa BlackBerry sukses menyalip kompetitornya yang terkuat saat ini, yakni Samsung. Pengguna smartphone BlackBerry dilaporkan meningkat dari sebelumnya sebesar 18% pada tahun 2012 menjadi 23% pada tahun 2013.

Artur Goldstuck, Managing Director World Wide Worx mengatakan riset yang dilakukan timnya telah berlangsung sejak tahun 2005. Mayoritas pengguna ponsel mengaku mulai migrasi ke ponsel besutan produsen asal Kanada tersebut tahun ini.

Dilansir Mybroadband, Rabu (27/11/2013), meski berhasil menyalip Samsung namun BlackBerry masih belum mampu mengalahkan dominasi Nokia di negeri yang dikenal dengan padang gurun dan hewan liarnya. Menurut Peter Searll dari Dashboard hingga saat ini pangsa pasar Nokia masih terbesar yakni mencapai 44%.

Meski mendominasi, pangsa pasar perusahaan asal Finlandia tersebut mengalami penurunan dari sebelumnya sebesar 50% pada tahun 2012. Sedangkan Samsung, justru menghadapi kenyataan pangsa pasar yang stabil yakni sebesar 18%.

Dalam riset tersebut, sejumlah responsen juga berencana akan menjadikan BlackBerry sebagai ponsel mereka berikutnya. Sekitar 29% responden mengaku kedepannya berencana untuk membeli BlackBerry. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.