Sukses

Inilah Pemenang Startup Asia Jakarta 2013

Ajang Startup Asia yang digelar di Jakarta melahirkan beberapa pemenang. Siapa saja dan apa saja inovasi yang mereka buat?

Liputan6.com, Jakarta - Digelar selama dua hari berturut-turut, 21 - 22 November 2013 di Plaza Bapindo, Jakarta, akhirnya ajang berkumpulnya para pengembang ini melahirkan beberapa pemenang.

Untuk menyandang gelar tersebut, delapan startup terlebih dulu harus mempresentasikan karyanya di atas panggung 'Startup Arena' di hadapan para juri, pengunjung,  investor, pelajar, media, dan pelaku industri TI lainnya.

Setelah menimbang, menilai, dan memperhatikan, akhirnya para juri yang terdiri dari Nobutake Suzuki, Saemin Ahn, Khailee Ng, dan Jimmy Rim memutuskan Garuda Robotika sebagai pemenang pertama.


Pesawat Tanpa Awak

Garuda Robotika sendiri adalah perangkat besutan tim startup asal Singapura. Alat ini merupakan sebuah pesawat mungil tanpa awak yang dapat digunakan untuk mengirim makanan, minuman atau obat-obatan pada saat terjadi bencana. 

"Saat mendengar nama pesawat tanpa awak, masyarakat pasti menilai ini adalah perangkat yang negatif. Namun secara perlahan kami dapat mengubah konotasi negatif itu menjadi produk yang berguna bagi masyarakat," ujar Pulkit Jaiswal, pencipta perangkat tersebut di ajang Startup Asia Jakarta 2013.

Saat mempresentasikan robot ciptaannya, Pulkit bersama timnya berhasil menjalankan Garuda Robotika untuk mengantar secangkir kopi kepada para juri.


Printer 3D Inovatif

Pemenang kedua juga berhasil diraih oleh tim startup yang berbasis di Singapura. Bio3D Technologies, demikian nama startup tersebut, tampil di atas panggung dengan mempresentasikan sebuah printer bernama Bio3D.

Perangkat yang merupakan penggabungan antara printer 3D dengan alat-alat laboratorium ini mampu mencetak sel tubuh dan menatanya sampai ke ukuran mikron. Juga dapat mencetak bio-material dan plastik.

Printer ini diklaim bisa mengurangi biaya penelitian medis secara drastis. Secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kualitas obat dan membuat proses produksi obat menjadi lebih cepat.   


Kunci Sepeda Dengan SIM Card

Selanjutnya, pemenang ketiga berhasil diraih oleh tim startup asal Vietnam yang menciptakan sebuah kunci pengaman kendaraan bermotor dengan nama SmartBike.

Perangkat ini dilengkapi sebuah SIM card yang memungkinkan pengguna bisa melacak keberadaan sepeda motornya. Ketika ditelepon, perangkat ini akan berdering sehingga pengguna tahu di mana motornya berada. Dan ketika menerima pesan teks, SmartBike akan mengirimkan lokasi GPS dan menyalakan alarm.

Bukan itu saja, perangkat ini juga membenamkan fitur Bluetooth yang bisa mematikan sepeda motor ketika smartphone pengguna berada jauh dari motor tersebut. Motor bisa dinyalakan di saat pengguna memegang smartphone-nya kembali. (isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini