Sukses

Apa Pentingnya 4G LTE di Indonesia?

Kehadiran koneksi internet cepat memang telah lama dinanti oleh sebagian kalangan. Ada dampaknya bagi Indonesia?

Internet memang sudah menjadi salah satu kebutuhan banyak masyarakat di Indonesia. Kehadiran teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) di Indonesia tentu disambut gembira banyak pihak karena koneksi internet cepat bakal terwujud.

Lantas apa perlunya penerapan 4G LTE dan dampaknya bagi Indonesia? Kemampuan koneksi internet cepat memang telah lama dinanti oleh sebagian kalangan. Kehadiran koneksi internet cepat diklaim bisa mendukung segala aspek kehidupan masyarakat, terutama bisnis.

"Implementasi 4G LTE secara nasional berpotensi meningkatkan 1% hingga 2% pertumbuhan PDB (pendapatan domestik bruto) setiap tahunnya," Izumi Keiichi, President dari Mitsui & Co Indonesia di dalam keterangan yang diterima tim Tekno Liputan6.com.

Ia juga menyebutkan bahwa Indonesia saat ini berada di negara dengan kategori berpendapatan kelas menengah dengan ekonomi global senilai USD 1 triliun. Sayangnya, menurut Izumi hanya ada 5% dari negara berpendapatan menengah sukses menjadi negara maju, seperti Korea Selatan.

"Kuncinya adalah digitalisasi ekonomi dan komunitas TMT (Teknologi, Media, dan Telekomunikasi) yang cerdas. Oleh sebab itu, 4G LTE sangat penting dalam menyediakan kerangka dan arah dalam mencapai tujuan tersebut," tandasnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) sendiri telah menyetujui pengadopsian teknologi 4G di Tanah Air. Pembukaan pasar internet 4G LTE dimulai dengan peluncuran Bolt! dari Internux yang baru dilakukan kemarin. Ke depannya, para penyedia layanan Wimax dan selular akan ikut memasuki pasar 4G. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini