Sukses

Inilah Ponsel Termurah di Dunia, Cuma Rp 90 Ribuan!

Meski murah, ponsel dengan keypad numerik ini memiliki fitur cukup menarik, seperti MP3 player, radio FM nirkabel, dan memori 3 MB.

Jika sebelumnya desainer Stuart Hughes meluncurkan iPhone 5 berbalut emas dan bertahtakan berlian dengan harga US$ 15,3 juta atau sekitar Rp 145 miliar, kini muncul sebuah handset sederhana yang diklaim sebagai ponsel termurah di dunia.

Ponsel tersebut adalah Alcatel 1010, dan dijual dengan harga ritel 5 poundsterling atau sekitar Rp 90 ribuan, tanpa syarat kredit. Meski murah, ponsel dengan keypad numerik ini memiliki fitur yang cukup menarik, seperti MP3 player, radio FM nirkabel, dan memori sebesar 3 MB.

Untuk mendapatkannya, konsumen hanya bisa membeli Alcatel 1010 dari Asda Stores (jaringan supermarket Inggris) dan cuma tersedia di jaringan T-Mobile. Menurut Alcatel, berat ponsel tersebut hanya 59 gram atau setengah dari berat iPhone 5S dan hadir dalam pilihan warna hitam, merah tua, dan merah marun.

Sesuai dengan harganya, handset ini digolongkan sebagai feature phone, bukan smartphone. Mengutip laman Mail Online, Sabtu (9/11/2013),  ponsel pabrikan Perancis itu tidak memiliki aplikasi jejaring sosial atau game, hanya bisa digunakan untuk melakukan atau menerima panggilan telepon dan Short Message Service (SMS).

"Beberapa ibu rumah tangga menginginkan ponsel berharga murah untuk menghemat pengeluaran. Kami merilis ponsel ini sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di perayaan Natal tahun ini. Kami berharap ponsel ini disukai segala usia, " ujar pihak Alcatel.

Belakangan, banyak pabrikan yang menawarkan perangkat berharga murah sebagai upaya menjaring konsumen menjelang liburan Natal. Sebelumnya, situs jual beli PrePayMania.co.uk menjual Alcatel One Touch 232 dengan harga 1 poundsterling atau sekitar Rp 18 ribuan, namun dengan syarat pembelian disertai kredit 10 poundsterling atau sekitar Rp 2,2 juta.

Bulan lalu, Tesco meluncurkan tablet Hudl Android berlayar 7 inci seharga 119 poundsterling atau sekitar Rp 2,2 juta. Dengan menggunakan voucher Clubcard, pelanggan cukup membayar perangkat tersebut senilai 40 poundsterling atau sekitar Rp 730 ribu. (isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.