Sukses

Kisah Evolusi dan Sejarah Logo Apple

Apple telah melakukan kurang lebih 5 kali pergantian logo yang secara garis besar fase evolusi logo Apple dibagi dalam tiga tahap.

Di tahun 1976 silam, Steve Jobs dan Steve Wozniak mendirikan sebuah perusahaan bernama Apple. Selain karya-karyanya yang revolusioner, Apple pun menjadi sangat populer berkat logo perusahaan yang mereka gunakan.

Ya, siapa yang tidak mengenal logo buah apel tergigit milik perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California tersebut. Namun ternyata desain populer logo Apple seperti sekarang ini tidak tercipta dengan mudah.

Menurut yang dilansir laman Huffington Post, Kamis (24/10/2013), Apple telah melakukan kurang lebih 5 kali pergantian logo perusahaan. Akan tetapi, secara garis besar fase evolusi logo Apple dibagi ke dalam tiga tahap.

Berikut adalah tiga tahap perubahan logo Apple dari masa ke masa:

1. Logo awal Apple, 'Newton Crest' (1976)

Newton Crest adalah logo pertama Apple di tahun 1976 yang didesain oleh Ronald Wayne, sshabat Jobs dan Woz yang juga salah satu karyawan pertama Apple.

Pada logo ini digambarkan tokoh dunia Isaac Newton sedang duduk di bawah pohon Apple. Logo ini sendiri memberikan ilustrasi ketika Newton menemukan hukum gravitasi.

Namun logo ini tak bertahan lama, Jobs menganggap Newton Crest terlalu rumit untuk sebuah logo perusahaan. Bahkan, Jobs pun beranggapan bahwa logo yang rumit ini sebagai penyebab utama gagalnya penjualan produk PC Apple I di pasaran.


2. 'Rainbow Logo' (1976-1998)

Setelah hanya beberapa bulan menggunakan logo 'Newton Crest', Jobs pun mengambil keputusan untuk mencari seorang desainer sungguhan untuk mendesain logo baru.

Akhirnya seorang desainer grafis bernama Rob Janoff pun didapuk untuk membuat logo baru Apple. Jobs hanya berpesan pada Janof bahwa ia menginginkan sebuah logo yang simpel dan modern. Saat itu Jobs mengatakan, "oh I don’t know, a little bit more modern".

Dengan cerdasnya Janoff pun mengutip kalimat Jobs khusus dibagian "a little bit more modern", dan mengimplementasikannya pada desain berbentuk buah apel yang sedikit tergigit dengan paduan warna cerah ala pelangi.

Dan hasilnya, sejak saat itu Janoff secara sah menjadi penemu logo Apple yang sangat identik dan tak mudah dilupakan oleh banyak orang.


3. 'The Monochrome Logo' (2007-sekarang)

Ketika Seteve Jobs kembali pada tahun 1997, Apple telah menjadi perusahaan yang cukup diperhitungkan di pasar PC dunia. Dengan modal yang dimiliki, Jobs pun memutuskan untuk melakukan perubahan pada logo warna-warni Apple karena dianggap sudah tak sesuai dengan perkembangan zaman yang sedang menuju era milenium (2000-an).

Sebelum menentukan 'The Monocrom Logo', Jobs sempat merilis logo Apple yang berwarna hitam legam dan putih. Kedua logo ini digunakan pada sejumlah produk komputer Mac besutan mereka. Namun pada tahun 2007, Jobs pun memilih warna abu-abu silver, atau yang lebih populer dengan nama chrome.

Warna chrome dianggap Jobs mewakili semangat zaman yang semakin modern. (dhi/vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini