Sukses

Google Pasang Doodle Peringati Terjun Payung Pertama di Dunia

Google menghadirkan sebuah doodle untuk memperingati ulang tahun lompatan parasut (terjun payung) modern pertama.

Google kerap mempersembahkan doodle istimewa untuk merayakan hari khusus. Mulai dari kelahiran tokoh penting dunia, hingga hari kemerdekaan suatu negara dengan cara yang istimewa.

Nah, kali ini di halaman utama mesin pencarinya, Google menghadirkan sebuah doodle untuk memperingati ulang tahun lompatan parasut (terjun payung) modern pertama yang dilakukan oleh penerbang Perancis Andre Jacques Garnerin.

Menariknya, Anda para pengguna mesin pencari Google pun bisa memainkan doodle yang tersedia. Jenis permainan singkat ini sendiri serupa dengan aplikasi game Android bergenre free falling pada umumnya. Anda bisa menggesernya ke kanan dan kiri guna mencari tempat mendarat yang aman.

Lompatan parasut modern pertama di dunia sendiri tercatat terjadi pada 22 Oktober 1797 silam. Saat itu Garnerin membuat alat menyerupai parasut modern dan melakukan lompatan dari balon Udara. Ia disinyalir melompat dari ketinggian sekitar 900 meter (3.000 kaki).

Namun sayang, lompatan yang dilakukan oleh Garnerin secara resmi tak tercatat sebagai lompatan parasut yang pertama.

Lompatan parasut pertama yang dicatat dan didokumentasikan secara resmi oleh media publik terjadi beberapa tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 1783. Ketika itu Louis Sébastien Lenormand telah lebih dulu menguji desain parasut berstruktur kayu buatannya.

Akan tetapi, Garnerin dipercaya sebagai bapak terjun payung modern dunia, dan pelaku terjun payung modern pertama karena ia mencetuskan penggunaan bahan sutra yang ringan dan lebih kuat untuk parasut. Ia pun menyingkirkan frame kayu seperti yang digunakan oleh Lenormand untuk mendapatkan efek aerodinamis yang lebih optimal. (dhi/vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini