Sukses

Proses Migrasi 3G Hampir Rampung

Proses migrasi jaringan 3G telah mencapai 94,50%. HCPT, ISAT dan XL telah menyelesaikan proses migrasi di semua provinsi.

Proses penataan ulang jaringan 3G hampir memasuki batas akhir. Proses perpindahan kanal milik para operator itu sudah berlangsung sekitar 6 bulan ini dikabarkan hampir rampung.

Gatos S Dewabroto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo mengakui bahwa proses migrasi jaringan 3G telah mencapai 94,50%. XL dan Indosat menjadi operator terbaru yang telah berhasil menyelesaikan proses perpindahannya sebelum waktu yang diberikan berakhir.

"Kominfo mengapresiasi Indosat dan XL yang telah mengikuti HCPT, yang selesai migrasi 100%. Dengan demikian, posisi terkini sampai dengan 20 Oktober 2013, HCPT, ISAT dan XL telah menyelesaikan proses migrasi di semua provinsi yang menjadi kewajibannya," kata Gatot dalam siaran resminya, Kemarin (21/10/2013).

Gatot pun mengungkap perkembangan terbaru dari proses migrasi kelima operator 3G hingga 20 Oktober 2013. HCPT atau Tri disebutkan telah merampungkan migrasi 100% di 22 provinsi tepat waktu yang diberikan pemerintah.

Sedangkan Indosat merampungkan migrasi 100% di 18 provinsi sekaligus dengan kegiatan pasca retune-nya pada tanggal 18 Oktober 2013. Penyelesaian proses perpindahan kanal milik Indosat telah selesai lebih cepat dari batas yang ditentukan yakni 27 Oktober 2013.

Operator lain yang berhasil menyelesaikan proses migrasi sebelum batas terakhir adalah XL Axiata. Operator selular ini menyelesaikan 100% migrasi di 30 provinsi selesai pada 20 Oktober 2013, jauh lebih cepat dari batas yang dimilikinya, 3 November 2013.

Sedangkan, Telkomsel baru selesai retune di 31 provinsi dengan progress 93,94 persen lantaran masih menyisakan dua provinsi, yakni Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebagian titik migrasi Telkomsel masih harus menunggu migrasi dari Axis.

Axis Telekom menjadi operator yang masih belum menyelesaikan proses migrasinya. Operator bungsu ini baru menyelesaikan proses retune-nya di 11 provinsi dan menyisakan tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY.

Sebelumnya, Axis sempat mengungkap berbagai kesulitan yang dihadapinya dalam proses migrasi. Namun demikian, Gatot menyebutkan Axis sudah lebih kooperatif setelah diakuisisi XL. (den/vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.