Sukses

Windows 8.1 Masuk Dalam Daftar Pencarian Terpopuler Google

Idul Adha menjadi salah satu hari besar umat muslim. Wajar saja pencarian di Google banyak diramaikan pencarian seputar Idul Adha.

Libur sehari di tengah hari kerja pekan lalu untuk merayakan Hari Raya Idul Adha seakan menjadi ajang untuk saling bersilaturahim. Tidak mengherankan jika keluarga di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim memanfaatkan internet untuk mencari beragam informasi terkait dengan perayaan tersebut.

Namun selain informasi mengenai perayaan yang identik dengan penyembelihan hewan kurban, ada sejumlah informasi menarik lainnya yang banyak diburu pengguna internet tanah air. Tidak lupa informasi mengenai 'olahraga rakyat' sepakbola, berita politik serta teknologi juga banyak 'dilahap' netter tanah air.  Ada 10 istilah pencarian terpopuler Google Indonesia sepanjang pekan lalu, apa saja?
1. Takbiran

Sehari atau tepatnya malam jelang perayaan Idul Adha, umat muslim di seluruh dunia mewarnainya dengan takbiran. Seraya mengumandangkan nama Allah SWT, malam ini kerap digunakan oleh muslim di tanah air untuk melakukan takbiran keliling.

Dengan bermodalkan sebuah bedug yang dihias dan diletakkan di mobil bak terbuka sejumlah muslim kerap berkumpul untuk mengumandangkan takbir. Pawai dan takbiran keliling juga ditemui di jalan protokol ibu kota dan berakhir di silang Monumen Nasional (Monas).

2. Resep Tongseng Kambing

Tidak lengkap rasanya jika rasa syukur tidak diiringi dengan niat untuk berkurban dalam merayakan Idul Adha. Hewan Kambing yang kerap digunakan untuk berkurban pun akan menjadi salah satu menu favorit keluarga.

Netter tanah air banyak mencari informasi pengolahan daging kambing, terutama tongseng. Makanan khas dari daerah Solo ini terdiri dari daging kambing yang dimasak dengan kuah kari kental yang kaya rasa dan bisa menghangatkan tubuh.3. Indonesia vs China

Tidak lengkap rasanya jika ranah internet tanah air tidak menyelipkan informasi mengenai olahraga yang satu ini. Sepak bola memang sudah mendarah daging bagi masyakarat Indonesia.

Sikap nasionalisme masyarakat pun terasa kental saat mendukung tim Indonesia menghadapi China dalam Kualifikasi Piala AFC. Meskipun harus bertanding tanpa penonton karena hukuman yang diterima Indonesia, namun tim Garuda berhasil menahan imbang salah satu tim kuat di Asia dengan skor akhir 1-1.

4. Erick Thohir

Nama pengusaha nasional akhir-akhir ini menjadi sorotan bukan hanya media lokal namun juga sejumlah media internasional. Aksinya membeli salah satu klub sepakbola terkenal Inter Milan menjadikannya kian disorot media.

Bersama dua orang teman pengusaha lainnya yakni Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo, Erick Thohir kini menjadi investor yang memiliki 70% saham klub asal Italia tersebut. Meskipun klub tidak mengungkap nilai pembelian saham, beberapa laporan memprediksi jumlahnya mencapai 250 juta hingga 300 juta Euro atau sekitar Rp 3,8 triliun hingga Rp 4,5 triliun.

5. Ucapan Idul Adha

Selain Idul Fitri, umat Islam kerap menjadikan Idul Adha sebagai momentum untuk mempererat tali kekerabatan. Selain berkurban, agenda untuk saling berkunjung atau mengirim ucapan Idul Adha melalui beragam media.

Layanan pesan singkat, pengiriman kartu ucapan hingga pemanfaataan aplikasi chatting dalam smartphone pun menjadi cara untuk saling mengingatkan indahnya sebuah kebersamaan.6. Bumbu Rendang

Selain tongseng, banyak masyarakat yang berencana mengolah daging kurban menjadi rendang. Makanan yang sempat dinobatkan sebagai makanan terenak di seluruh dunia ini memang memiliki cita rasa khas dan berbeda dengan jenis olahan daging lainnya.

Rendang yang berbahan dasar daging sapi terasa cocok untuk menjamu tamu saat perayaan Idul Adha pekan lalu. Tidak mengherankan jika banyak netter yang mencari informasi mengenai bumbu masakan asal ranah minang ini.

7. Holly Angela

Salah satu kasus pembunuhan keji kembali terjadi di Jakarta, kali ini di salah satu apartemen di bilangan Kalibata. Awalnya pelaku pembunuh Holly sempat berencana untuk menggunakan ilmu hitam, namun urung dilakukan.

Hasil penyelidikan pihak kepolisian ternyata bertuju pada Gatot Supiartono - Auditor Utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Gatot Supiartono - yang menjadi otak dibalik pembunuhan wanita yang memiliki nama asli Niken itu. Korban yang ternyata merupakan seorang istri siri Gatot diketahui telah dibuntuti para pelaku sejak tiba di apartemen hingga ke depan kamarnya di lantai 9.8. Maldini Pali

Nama salah satu pemain Timnas U-19, Maldini Pali mulai meroket setelah aksinya cukup memukai dalam laga Timnas menghadapi Korea Selatan. Maldini merupakan salah satu pemain sepak bola yang tergabung dalam klub Deportivo Indonesia. Performanya saat bergabung dengan Garuda Jaya berhasil membuat CEO Arema Cronus terkesima dan berencana memboyong ke tim asal Jawa Timur itu.

9. Windows 8.1

Belum genap sepekan saat Microsoft secara resmi meluncurkan Windows 8.1, netter tanah air sukses dibuat penasaran. Dengan mempertahankan antar muka Metro UI, Windows 8.1 hadir dengan sejumlah perbaikan.

Salah satunya dengan memboyong kembali tombol Start yang sempat dirindukan para pengguna Windows 8. Setidaknya ada 10 fitur baru yang dirilis Microsoft untuk update sistem operasi barunya itu.

10. Kurban

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perayaan Hari Raya Idul Adha tidak lepas dari salah satu ibadah yang harus dilakukan, yaitu berkurban. Setiap muslim yang memiliki kecukupan materi bisa menyumbangkan satu ekor hewan ternak (kambing, domba, sapi, unta) untuk disembelih dan dibagikan kepada sesama muslim yang membutuhkan. (vin/den)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini