Sukses

Windows 8.1 Resmi Meluncur, Sudah Bisa Di-download

Microsoft akhirnya merilis sistem operasi Windows 8.1. Perbedaan mencolok terlihat dari munculnya tombol Start.

Setahun setelah meluncurkan sistem operasi Windows 8, Microsoft akhirnya merilis versi update sistem operasi tersebut melalui Windows 8.1. Sistem operasi penerus Windows 8 itu kini sudah bisa di-download.

Sekilas tampilan Windows 8.1 tak banyak berbeda dengan Windows 8, namun fiturnya lebih baik. Perbedaan mencolok terlihat dari munculnya tombol Start.

Seperti diketahui, saat Windows 8 diluncurkan tahun lalu Microsoft dikritik banyak pengguna. Sebab tombol Start dihilangkan dan diganti dengan menu Start ala Windows Phone. 

Namun di Windows 8.1 pengguna kini sudah bisa menemui tombol Start. Sama seperti Windows Phone 8, Anda juga bisa memilih ukuran Tiles dan menyesuaikan ukurannya sesuai keinginan. Warna background juga lebih banyak pilihan.

Terkait dengan fungsi pencarian (search), mesin pencari Bing memainkan peranan sentral di seluruh sistem operasi ini. Anda bisa mencari dokumen di komputer dan web melalui satu antarmuka.

Windows 8.1 juga dilengkapi sejumlah update aplikasi, termasuk aplikasi Mail yang lebih baik, Internet Explorer 11, dan Skype built-in. Sistem operasi ini juga dilengkapi dukungan printer 3D. Terdapat pula shortcut keyboard agar pengguna bisa untuk memisahkan keyboard kata dan angka.

Menurut laman Venturebeat, Jumat (18/10/2013), Windows 8.1 juga memungkinkan Anda mem-boot PC dengan cara tradisional dalam mode Desktop atau tetap berada di antarmuka kotak-kotak, serta sinkronisasi ke layanan penyimpanan berbasis awan (cloud) SkyDrive.

Bagi mereka pengguna Windows 8, Microsoft mengatakan pengguna akan mendapatkan notifikasi di Windows Store untuk meng-upgrade sistem operasi mereka ke Windows 8.1. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.