Sukses

Mayoritas Pengguna Android Pasrah Diserang Malware

Hanya 40% pengguna smartphone dan 42% pengguna tablet Android yang meng-install software antivirus di perangkat Android mereka.

Ancaman serangan malware yang belakangan semakin menjadi-jadi tampaknya tak membuat para pengguna perangkat Android sadar. Kebanyakan dari mereka ternyata tetap acuh tak acuh terhadap keamanan gadget mereka.

Hal tersebut terbukti dari data yang dirilis oleh dua perusahaan keamanan perangkat, Kapersky Lab dan B2B International. Menurut data, tercatat hanya sekitar 40% pengguna smartphone dan 42% pengguna tablet Android yang meng-install software keamanan tambahan seperti antivirus di perangkat mereka.

Sebagian besar pengguna nyatanya hanya mengandalkan fitur-fitur keamanan perangkat bawaan sistem operasi Android atau produsen handset dari serangan malware.

Padahal, menurut yang dilansir laman Softpedia, Rabu (2/10/2013), hampir seluruh jenis malware yang saat ini beredar diciptakan untuk menyerang sistem operasi besutan Google tersebut. Kapersky Lab dan B2B International pun mengungkapkan bahwa ada lebih dari sekitar 43 ribu jenis malware telah beredar di dunia maya bersiap untuk menyerang perangkat Android.

Hal ini terjadi karena para pelaku cybercrime melihat pesatnya pertumbuhan jumlah perangkat yang mengadopsi sistem operasi Android. International Data Corporation (IDC) melaporkan, hingga kuartal pertama 2013 Android menguasai 75% market share sistem operasi smartphone dunia, angka ini naik 79,5% dari tahun 2012 kemarin.

Maka dari itu, untuk melindungi diri Anda dari para pelaku cybercrime, segeralah instal software antivirus di perangkat Android Anda. (dhi/dew)

Baca juga:

Cengkeraman Cybercrime di Sistem Operasi Android
6 Tips Mengamankan Perangkat Android dari Virus

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.