Bagaimana Cara Membedakan Situs Phishing?

Oleh Dewi Widya Ningrum pada 01 Okt 2013, 14:31 WIB
Diperbarui 01 Okt 2013, 14:31 WIB
phishing-131001b.jpg
Perbesar
Saya sering mendapat email berisi link ke sebuah situs. Saat diklik saya diarahkan ke sebuah situs lalu diminta untuk mengisi data-data tertentu. Apakah itu sejenis penipuan phishing? Bagaimana cara membedakan atau mendeteksi situs phishing?

[Rafasah - Medan]


Jawaban:


Secara langsung, phishing dapat dilihat dari alamat URL-nya, misalnya: https://store.apple.com berbeda dengan http://store.apple.com.blogspot.com. Phishing biasanya menggunakan alamat URL yang menyerupai situs asli dan biasanya pelaku phishing menggunakan nama perusahaan terkenal. Jadi jika pengguna internet lengah, mereka bisa saja masuk dalam jebakan dan mengklik situs tersebut.

Ada beberapa cara untuk mendeteksi situs phishing, beberapa di antaranya adalah:
- Jangan sembarangan mengklik link yang dikirim dari orang yang tidak kita kenal
- Sebelum mengklik sebuah URL, cek dahulu apakah isinya ada jebakan. Pelaku biasanya memanfaatkan gambar pornografi, bonus uang, hadiah dan yang sejenisnya untuk menarik pengguna mengklik URL tersebut.
- Gunakan software antimalware yang dilengkapi antiphising
- Untuk pengguna Facebook dan Twitter, gunakan Social Media Scanner, seperti http://www.eset.com/us/beta/social-media-scanner-2-beta/ atau https://apps.facebook.com/eset-socmedscan.
- Jika situs itu berhubungan dengan toko aplikasi, biasanya webstore resmi menggunakan HTTPS.

Semoga dapat membantu.

*) Konsultan: Ignatius Giri, adalah Marketing Communication and Media Specialist PT Prosperita - ESET Indonesia.


Bagi Anda yang ingin bertanya hal-hal yang berhubungan dengan keamanan data dan virus, silakan kirim pertanyaan Anda melalui email: tekno.liputan6 (at) gmail (dot) com. Pertanyaan terpilih akan dijawab oleh redaksi atau pakar yang kompeten di bidangnya.