Sukses

Smartwatch Akan Tumbuh Pesat Hingga 2020

Pertumbuhan penjualannya masih akan melonjak sampai mencapai 373 juta perangkat di tahun 2020.

Teknologi yang berkembang pesat membuat dunia memasuki era serba mobile. Selain smartphone dan tablet, kebutuhan akan aktivitas mobile yang tinggi membuat perusahaan teknologi melahirkan perangkat baru yang disebut wearable device.

Sejumlah perusahaan sudah memperkenalkan jam tangan pintar alias smartwatch sebagai wearable device. Vendor asal Jepang, Sony sudah merilis 2 produk smartwatch buatannya, sementara Samsung belum lama ini merilis jam pintar yang dinamai Galaxy Gear. Sedangkan Apple diperkirakan baru akan masuk ke pasar smartwatch tahun depan dengan iWatch.

Saat ini sambutan pasar pada smartwatch masih terbilang dingin dan tak memperlihatkan antusiasme. Namun, pertumbuhan smartwatch diprediksi akan meningkat drastis dalam beberapa tahun mendatang.

Lembaga analisa NextMarket Insight memprediksi bahwa penjualan jam tangan pintar di tahun 2015 akan mencapai 15 juta unit. Dilansir BGR, Minggu (29/9/2013), pertumbuhan penjualannya masih akan melonjak sampai mencapai 373 juta perangkat di tahun 2020.

Lonjakan tersebut disebabkan beberapa faktor, diantaranya adalah para pembuat jam tangan tradisional ikut mengadopsi teknologi canggih pada produk buatannya. NextMarket pun mengungkap kategori jam tangan pintar akan menjadi peluang pasar yang besar meskipun penetrasinya di pasar mobile biasa saja.

Samsung dan Sony memposisikan Galaxy Gear sebagai perangkat tambahan smartphone dan tablet mereka. Akan tetapi, lembaga analisa tersebut  memprediksi smartwatch yang akan berkembang pesat merupakan jam tangan pintar yang mandiri dengan kemampuan komunikasi data maupun teleponi utuh. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini