Unlock Ponsel Dianggap Ilegal, Ini Aksi Pemerintahan Obama

Oleh Denny Mahardy pada 19 Sep 2013, 08:58 WIB
Diperbarui 19 Sep 2013, 08:58 WIB
unlock-130918b.jpg
Perbesar

Terhitung sejak Januari 2013, ponsel unlock dianggap sebagai kegiatan yang ilegal. Karena itulah setiap perangkat komunikasi mobile diharuskan berjalan di atas jaringan satu operator saja, tidak bisa dipakai di operator lain.

Ponsel unlock kini dianggap ilegal, karena aturan pengecualian yang terdapat dalam aturan kekayaan intelektual di Digital Millennium Copyright Act (DMCA) telah habis masa berlakunya per Januari 2013 lalu.

Protes pun berdatangan dari sebagian kalangan. Mereka kemudian membuat petisi agar pemerintah melakukan sesuatu. Petisi tersebut dibuat sebagai deklarasi dukungan untuk Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) yang menginginkan tak ada aturan 'penguncian' pada ponsel pelanggan.

Bulan lalu, FCC berjanji akan berupaya lebih keras agar perangkat komunikasi tak lagi dikunci oleh operator. Namun ternyata, menurut yang dilansir laman Android Authority, Kamis (19/9/2013), petisi dan putusan FCC tersebut juga mendapat dukungan dari pemerintahan Obama dan beberapa anggota kongres.

Bahkan The National Telecommunications and Information Administration (NTIA) disebutkan telah menyiapkan aturan dan proses setting untuk meng-unlock ponsel dan tablet. Agensi komunikasi pemerintahan Obama itu mengatur bahwa tablet dan ponsel harus dibuka kuncinya sesuai dengan permintaan pelanggan.

"Orang Amerika harus dimungkinkan untuk menggunakan perangkat mobile mereka di jaringan mana saja yang mereka pilih dan memiliki perangkat yang tidak terkunci, " kata Lawrence Strickling, Assistant Secretary NTIA. (den/dew)