Sukses

Makin Banyak Orang Mengakses Internet dari Ponsel

Sekitar 63% orang dewasa yang menggunakan ponsel mengaku mengakses internet dari smartphone. Jumlah itu naik 2x lipat dibanding 2009.

Smartphone saat ini sudah menjadi perangkat mobile yang wajib dibawa-bawa. Perangkat ini tak hanya dijadikan sebagai alat komunikasi saja, namun juga untuk mengecek email, Facebook-an hingga browsing.

Seiring banyaknya orang yang menggunakan smartphone, akses internet melalui ponsel juga meningkat. Menurut data statistik dari Pew Research Center, 63% orang dewasa yang menggunakan ponsel di Amerika Serikat (AS) mengaku mengakses internet dari smartphone. Jumlah itu naik 2x lipat dibanding tahun 2009.

Pew memperkirakan bahwa saat ini 91% warga di Amerika Serikat sudah memiliki ponsel. Pada tahun 2012, hanya 55% orang yang menggunakan ponsel mereka untuk online, dan pada tahun 2009 jumlahnya hanya 31 persen.



Lebih lanjut disebutkan, mereka tidak hanya menggunakan smartphone untuk browsing di internet dan mengecek email. Sekitar 21% di antaranya menggunakan smartphone melebihi fungsi komputer.

"Sebagian besar masyarakat kini memiliki smartphone, dan perangkat mobile memainkan peran yang semakin penting dalam hal orang Amerika mengakses layanan online dan informasi," kata peneliti senior Internet Project di Pew Research Center.

Bagi banyak orang, seperti orang dewasa atau warga berpenghasilan rendah, ponsel sering dijadikan sebagai perangkat utama untuk mengakses konten di internet.

Kelompok yang paling sering mengakses internet lewat ponsel menurut riset tersebut adalah orang dewasa berusia 18-29 tahun (85%), warga Afrika-Amerika (74%), berpendidikan tinggi (74%), status finansial baik (79%), dan penduduk perkotaan (66%).

Menurut yang dilansir Cnet, Rabu (18/9/2013), Pew Research Center melakuan survey terhadap lebih dari 2.250 orang dewasa pada bulan April hingga Mei tahun 2013. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini