Sukses

Banyak Digunakan, Kata `Phablet` dan `Emoji` Masuk Kamus Oxford

Kamus Oxford kerap digunakan sebagai barometer penggunaan bahasa Inggris.

Perkembangan teknologi secara tidak langsung bukan hanya berdampak pada efektifitas dan efisiensi bagi penggunanya. Teknologi juga mampu melahirkan sejumlah istilah baru sehingga mampu memperkaya perbendaharaan kata.

Kamus Oxford yang kerap digunakan sebagai barometer penggunaan bahasa Inggris, kini menambahkan istilah baru yang sebelumnya telah banyak digunakan dalam bidang teknologi. Kata 'phablet' (perpaduan smartphone dan tablet) serta 'emoji' kini telah resmi menjadi koleksi dalam kamus Oxford. Demikian dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Phone Arena, Rabu (28/8/2013).

Phablet resmi menjadi kata baru dan termasuk dalam kategori kata benda (noun). Kata ini berasal dari awal abad ke-21 dan dijelaskan sebagai:

"Smartphone yang memiliki paduan ukuran layar di antara ukuran smartphone pada umumnya dan tablet."

Emoji, atau istilah yang kerap digunakan saat chatting pun menjadi koleksi baru kamus Oxford. Kamus online Oxford mencatat kata ini sudah digunakan dalam bahasa Jepang sejak tahun 1990-an.

Dalam bahasa Jepang emoji berasal dari kata 'e' yang berarti gambar dan 'moji' yang bermakna huruf atau karakter. Emoji termasuk dalam kategori kata benda (noun) dan diartikan sebagai:

"Sebuah ikon atau gambar digital kecil yang digunakan untuk mengekspresikan ide atau emosi dalam berkomunikasi secara digital."


Sebelumnya kamus Oxford juga telah mencatat istilah populer lain dari ranah teknologi. Istilah 'tweet' yang memiliki makna membuat sebuah tulisan di layanan jejaring sosial Twitter resmi masuk dalam kamus Oxoford pada Juni lalu. (vin/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.