Sukses

[VIDEO] Mobil Balap F1 Karya Anak Bangsa Siap Berlaga di Jepang

SAS mampu menempuh jarak 75 meter hanya dalam waktu 4 detik dengan mesin mobil Kawasaki Ninja ZX6R dan kapasitas tanki bahan bakar 8 liter.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember secara resmi memperkenalkan mobil balap konsep formula yang dijuluki Sapu Angin Speed (SAS). Mobil yang dirakit selama 6 bulan ini disiapkan untuk berlaga di ajang Student Formula Japan (SFJ) 2013.

Sebelum resmi diberangkatkan ke Jepang, SAS terlebih dahulu unjuk kebolehan test drive dengan demo keunggulan performa akselerasi dan aerodinamika mobil. Dengan menggunakan material carbon fiber, SAS mampu menempuh jarak 75 meter hanya dalam waktu 4 detik.

Untuk menunjang performa mesin, mobil yang mengusung desain replika Formula 1 ini menggunakan mesin mobil Kawasaki Ninja ZX6R dengan kapasitas tanki bahan bakar 8,7 liter dan gasoline 100%.

"SAS merupakan generasi pertama proyek mobil formula yang akan diperkenalkan mahasiswa ITS," ujar Arif Aulia selaku Ketua Tim Sapu Angin SAS.

Berawal dari rasa kecewa karena hanya satu dari lima rancangan mobile SA yang dikirim oleh tim ITS untuk mengikuti lomba irit tingkat Asia bertajuk Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2013. Kelebihan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menciptakan lima rancangan mobil SA tim pun menemukan kompetisi yang dinilai lebih rumit namun dengan persaingan ketat dan lebih menantang.

Kompetisi SFJ yang akan berlangsung di Ogasayama Sport Park Shizuka, Jepang pada 3-7 September 2013 ini mengharuskan peserta merancang, membuat, dan memasarkan mobil jenis formula yang memiliki efisiensi tinggi. Ada dua tahapan dasar yang dilalui peserta yakni static event dan dynamic event.

Selain hasil inovasi dari ITS, Indonesia juga mengirim satu tim lain dari Universitas Gadjah mada (UGM) Yogyakarta. Kedua tim ini akan bersaing dengan 77 peserta lain dari seluruh dunia yang juga telah dinyatakan lolos static event. (vin/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini