Sukses

6 Antivirus Gratis Untuk Lindungi Keamanan PC Anda

Tak perlu takut virus. Saat ini telah banyak tersedia berbagai macam software antivirus yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Apa saja?

Ancaman virus dan malware hingga saat ini masih menjadi momok utama bagi para pengguna personal computer (PC) yang sulit untuk ditemukan jalan keluarnya. Bahkan, dengan dukungan koneksi internet berbagai jenis virus dan malware tersebut dapat berkembang dengan sangat cepat, dan disebarluaskan dengan modus operandi yang semakin beragam.

Namun tenang saja, saat ini telah banyak tersedia berbagai macam software antivirus yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Nah, untuk mempermudah Anda, kali ini tim tekno Liputan6.com akan menginformasikan 6 software antivirus gratis yang dijamin cukup mumpuni untuk melindungi PC Anda dari serangan virus dan malware. Berikut ulasannya:

1. avast! Free Antivirus



Avast yang telah dikembangkan sejak tahun 1988 silam dan merupakan salah satu program antivirus yang paling banyak digunakan oleh para pemilik PC. Proses instalasi antivirus ini pun cukup mudah, tampilannya juga mudah dimengerti dan mudah dinavigasi.

Avast juga memiliki beberapa fitur unggulan seperti boot-time scan, di mana program akan membersihkan malware sebelum Windows melakukan proses booting. Avast juga cukup baik dalam memblokir alamat situs yang mencurigakan, menghentikan spam email, serta menghapus toolbar yang tidak diinginkan pada browser.

2. AVG Free AntiVirus



AVG Antivirus dapat dikatakan sebagai salah satu antivirus terbaik bagi perangkat PC. Selain melindungi PC secara efektif dari segala virus dan malware, AVG juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan scanning terhadap email dan alamat situs yang mencurigakan, sehingga Anda terbebas dari virus selama 'berselancar' di dunia maya.

Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak pengguna yang merasa kesulitan dalam menavigasi AVG. Sebab, AVG memang hadir dengan tampilan yang cukup kompleks dan agak sulit dimengerti.

3. Avira Free AntiVirus



Untuk melindungi PC dari serangan virus dan malware, Avira merupakan salah satu antivirus terkuat dan terpopuler di kelasnya. Avira cukup mudah untuk dioperasikan dan tak perlu mengerti terlalu banyak istilah untuk dapat menggunakannya. Antivirus ini memiliki kemampuan mumpuni dalam melakukan blokir terhadap malware yang menyerang. Selain itu, Avira juga dibekali fitur toolbar browser untuk pengamanan selama Anda 'menjelajah' di dunia maya.

4. Comodo Free Antivirus



Comodo Antivirus merupakan salah satu alternatif antivirus gratis yang memiliki performa cukup baik dalam menghalau serangan malware. Walau versi gratisnya tidak memiliki fitur selengkap versi berbayar, tetapi Comodo Antivirus versi gratis ini dipercaya masih mampu untuk melakukan pemindaian yang cukup teliti.

5. Malwarebytes Anti-Malware Free



Malwarebytes versi gratis mampu melakukan scanning secara menyeluruh dengan hasil yang baik, yaitu mendeteksi dan menghapus malware pada PC. Namun, dalam versi gratisnya ini tidak dibekali fitur real-time protection seperti antivirus lainnya. Namun jika Anda adalah tipe orang yang cukup rajin melakukan scanning virus pada PC, rasanya antivirus yang satu ini cukup untuk menjadi pelindung PC Anda.

6. Bitdefender Antivirus Free Edition



Antivirus ini memiliki tampilan yang sangat simpel dan proses instalasi yang mudah. Bitdefender memiliki tampilan yang sangat standar dan pastinya dapat mempermudah penggunaannya. Tampilan sederhana tersebut juga didukung dengan kemampuannya untuk bisa menanggulangi resiko pada PC. (dhi/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini