Sukses

Selain Jadi Trending Topic, HUT RI Juga Ramaikan Pencarian Google

Jelang HUT RI ke-68 banyak pengguna internet tanah air mencari informasi mengenai hari kemerdekaan Indonesia.

Selain ada Hari Raya Idul Fitri, di bulan Agustus 2013 juga ada perayaan kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Topik mengenai perayaan kemerdekaan RI bahkan menjadi trending topic dunia di Twitter.

Selain informasi tentang Hari Ulang Tahun (HUT) RI, sejumlah informasi terbaru juga banyak diinput melalui mesin pencari Google selama seminggu ini. Informasi tersebut antara lain terkait dengan kasus korupsi dan konflik panas yang terjadi di Mesir.

Berikut 10 pencarian terpopuler yang berhasil dihimpun Google Indonesia selama periode 12-18 Agustus 2013.

1. Hari Kemerdekaan Indonesia

Jelang HUT RI ke-68 banyak pengguna internet tanah air mencari informasi mengenai hari kemerdekaan Indonesia. Mungkin ini menjadi salah satu cara pengguna dunia maya menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme dan bangga menjadi warga negara Indonesia.

2. Mesir

Krisis politik hingga berujung pada bentrokan berdarah hingga kini masih melanda Mesir. Negara yang dikenal dengan keindahan pariwisata dan piramida kuno ini tengah dihadang masalah antara pendukung Presiden Mohammed Mursi yang digulingkan versu aparat keamanan setempat.

3. Rudi Rubiandini

Dugaan korupsi yang menimpa Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini atas penerimaan gratifikasi proyek tender minyak terus menyeruak. Mantan Guru Besar Institut Teknologi Bandung ini ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa 13 Agustus 2013. Selama menjalani proses pemeriksaan, jabatannya untuk sementara waktu digantikan oleh Wakil Kepala SKK Migas Johanes Widjonarko.

4. SKK Migas

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) tengah menjadi perhatian banyak orang. Institusi yang dibentuk Pemerintah untuk menggantikan BPMIGAS dalam pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi ini diduga terlibat kasus suap sebsar US$ 700 ribu.

5. Putri Una

Artis pendatang baru, Putri Una namanya tengah naik daun dalam sepekan terakhir. Selain berprofesi sebagai bintang film Air Terjun Pengantin Phuket dan Crazy Love, Putri Una juga dikenal sebagai seorang Disc Jockey (DJ) seksi.

6. Indonesia vs Filipina

Setelah menjalani sejumlah pertandingan persahabatan melawan tim asal Inggris kali ini tim sepakbola Indonesia menjalani laga uji coba menghadapi Timnas Filipina. Dala laga yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo tim Garuda berhasil menekuk Timnas Filipina dengan skor akhir 2-0.

7. Teks Proklamasi

Naskah yang dibacakan mantan Presiden RI, Ir Soekarno menjadi babak baru bagi status kemerdekaan Indonesia. Sejak pertama kali dibacakan pada 17 Agustus 1945, teks Proklamasi selalu dibacakan ulang setiap tahunnya di tanggal yang sama pada upacara pengibaran bendera.

8. Bendera Merah Putih

Sejarah perjuangan Indonesia terkait dengan bendera yang dikibarkan saat tanah air resmi memerdekakan diri dari tangan penjajahan. Sebagai simbol negara, warna merah dan putih memiliki makna yang mendalam bagi seluruh negeri ini.

9. Jadwal Liga Inggris

Penayangan musim tahun 2013 Liga Inggris (English Premier League) sudah resmi dimulai pada 17 Agustus 2013. Jadwal dan aksi sejumlah tim asal Negeri Rau Elizabeth II ini juga bisa Anda saksikan secara streaming di Liputan6.com.

10. Pembunuhan Siska

Kasus pembunuhan sadis yang menimpa Siska Yofie tengah hangat diperbincangkan. Korban pembunuhan yang diseret motor sejauh 800 meter pada 5 Agustus silam kabarnya melibatkan salah seorang petinggi Kepolisian. Sejumlah bukti dan pengakuan yang dipaparkan oleh pelaku menunjukkan berbagai kejanggalan. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini