Sukses

Facebook Catat 100 Juta Pengguna Mengakses via Ponsel Fitur

Facebook mengumumkan pencapaian 100 juta pengakses jejaring sosialnya via aplikasi Every Phone, yang ada di 3000 model ponsel fitur.

Popularitas jejaring sosial Facebook ternyata juga terlihat mendominasi di negara berkembang. Untuk pengguna mobile, Facebook ternyata tak hanya diakses dari smartphone atau ponsel pintar. Banyak pula pengguna Facebook yang mengaksesnya dari ponsel fitur, terutama di negara berkembang.

Dilansir dari laman The Verge, Senin (22/7/2013), Facebook mengumumkan pencapaian 100 juta pengakses jejaring sosialnya via aplikasi Every Phone. Aplikasi itu memang khusus dibuat untuk dibenamkan di ponsel fitur. Saat ini, setidaknya ada 3000 model ponsel fitur yang mendukung aplikasi Every Phone.

Aplikasi berbasis Java itu memang dibuat dengan desain yang mendukung komsumsi daya rendah. Biasanya aplikasi ini digunakan oleh operator di negara berkembang seperti India, Filipina, atau Indonesia, sehingga akses Facebook bisa diakses dengan biaya  data yang lebih rendah, malah banyak yang gratis.

Aplikasi Every Phone sendiri merupakan pengembangan dari aplikasi milik perusahaan yang berbasis di Israel, Snaptu. Facebook kemudian mengakuisisinya pada 2011. 

Menurut New York Times, Facebook memang tidak mencari keuntungan dari pengguna di negara berkembang. Facebook malah baru menghadirkan iklan untuk pengguna yang berbasis aplikasi Every Phone. 

Negara berkembang sepertinya memang bukan 'lahan' untuk eksploitasi pendapatan dari jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini. Tapi tentu Facebook mendapatkan keuntungan jika bisa meningkatkan jumlah penggunanya.

Tentu ponsel fitur tetap punya potensi untuk meningkatkan jumlah pengguna. Jika menggabungkannya dengan jumlah pengguna perangkat pintar seperti smartphone atau tablet, tentu tak bisa dibayangkan penetrasi pengguna via akses mobile.(gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini