Sukses

Google Peringati Kelahiran Pelukis Legendaris Rembrandt di Doodle

Rembrandt muncul dalam bentuk lukisan potret diri di atas kotak mesin pencari.

Google kembali menghadirkan doodle unik, yang kali ini dilakukan untuk menghormati Rembrandt van Rijn. Pelukis legendaris asal Belanda ini muncul di halaman utama mesin pencari Google sebagai peringatan 407 tahun kelahirannya, hari ini, Senin (15/7/2013).

Rembrandt muncul dalam bentuk lukisan potret diri di atas kotak mesin pencari. Lukisan itu diambil dari karya Rembrandt yang dibuat tahun 1659, Self Portrait with Beret and Turned-up Collar.

Lukisan potret memang merupakan salah satu keahlian sang maestro yang hidup di Masa Keemasan Seni Lukis Belanda. Selain beberapa lukisan potret diri, Rembrandt juga pernah menghasilkan karya terbaik dengan melukis anaknya yang bernama Titus. Selain itu, bangsawan Polandia bernama Andrzej Rej pun pernah menjadi model di lukisan A Polish Nobleman.

Selain potret, Rembrandt dikenal sebagai pelukis naratif. Salah satu masterpiece yang dibuat Rembrandt adalah lukisan berjudul The Night Watch. Lukisan itu mengisahkan tentang Kapten Frans Banning Cocq dan Letnan Willem van Ruytenburch yang bersiap memimpin pasukannya menuju medan perang.

Bernama Lengkap Rembrandt Harmenszoon van Rijn, pelukis Belanda ini lahir pada 15 Juli 1606 di Leiden. Bakat lukisnya muncul saat belajar dari pelukis asal Leiden bernama Jacob van Swanenburgh selama tiga tahun. Kemampuannya semakin berkembang saat mendapat sentuhan dari pelukis terkenal Pieter Lastman di Amsterdam.

Di tahun 1624 Rembrandt membuka studio lukisnya sendiri. Popularitasnya baru muncul setelah 'ditemukan' oleh Constantijn Huygnes, bapak dari ahli matematika dan fisika terkenal asal Belanda, Christiaan Huygens. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini