Sukses

Prosesor Berkecepatan 3 GHz Akan Hadir Mulai 2014?

Dengan arsitektur 20 nm, maka chip bisa menghasilkan kecepatan yang lebih cepat hingga 30 persen.

Prosesor supercepat tentu menjadi salah satu faktor penting yang menunjang kinerja smartphone. Selama ini banyak vendor yang merilis smartphone dengan mengandalkan core suatu prosesor.

Misalnya saja Samsung Galaxy S4 yang mulai memperkenalkan prosesor dengan octacore atau 8-core. Tentu ini sebuah inovasi yang baru. Sebab selama ini vendor masih mengandalkan quadcore atau dualcore.

Tapi mengandalkan core saja tentu tidak cukup. Clocking juga menjadi faktor penting agar smartphone bekerja optimal. Jika saat ini smartphone masih berkisar dengan clocking antara 1 GHz hingga 2 GHz, maka tahun depan prosesor diharap mampu mencapai clocking hingga 3 GHz.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Rabu (10/7/2013), TSMC dan GlobalFoundries berusaha meningkatkan optimalisasi prosesor di 2014. Dengan pengembangan chip arsitektur 20 nm, kedua perusahaan itu percaya bisa menghasilkan prosesor berbasis ARM yang bekerja lebih cepat.

Sebagai informasi, arsitektur 28 nm saat ini bisa mencapai clocking hingga 2,3 GHz. Ini menjadi proses tercepat yang bisa dihasilkan saat ini. Ada dua produk yang siap merilis kecepatan ini, yaitu Snapdragon 800 besutan Qualcoom dan Tegra 4i besutan Nvidia. Keduanya diharapkan hadir di akhir 2013 atau awal 2014.

Tapi dengan arsitektur 20 nm, maka chip bisa menghasilkan kecepatan yang lebih cepat hingga 30 persen. Konsumsi tenaga pun bisa dihemat hingga 25 persen.

Jadi bukan tidak mungkin di 2014 akan hadir prosesor dengan clocking 3 GHz. Tak hanya prosesor, perangkat dengan prosesor 3 GHz pun diprediksi akan muncul mulai tahun depan. Kita tunggu saja. (gal)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini