Sukses

Misteri Jatuhnya UFO di Roswell Diperingati Google dengan Doodle

Insiden Roswell dipercaya sebagai peristiwa mendaratnya alien di kota kecil di wilayah New Mexico, Amerika Serikat.

Raksasa mesin pencari Google kembali menghadirkan doodle unik di halaman utama mesin pencarinya hari ini, Senin (8/7/2013). Kali ini Google merayakan 66 tahun peristiwa yang dikenal dengan sebutan "Insiden Roswell".

Bagi yang antusias terhadap misteri luar angkasa seperti alien dan Unidentified Flying Object (UFO), Insiden Roswell dipercaya sebagai peristiwa mendaratnya alien di kota kecil di wilayah New Mexico, Amerika Serikat. Karena itu doodle pun bertema alien dan UFO.

Doodle ini juga bersifat interaktif. Dengan demikian pengunjung halaman utama mesin pencari Google bisa memainkan doodle ini. Misinya sederhana, membantu alien untuk menemukan komponen dari UFO-nya yang jatuh.

Alien ini kemudian bisa digerakkan dengan menggunakan mouse atau keyboard. Dengan demikian sang alien akan menelusuri di sekitar lokasi jatuhnya pesawat. Anda harus cermat mencarinya di tiap detail obyek yang ditampilkan.

Jika komponen telah ditemukan satu persatu, maka alien itu pun bisa pulang ke planet asalnya. Di akhir kisah, mendaratnya alien itu bukan tak diketahui penduduk bumi. Sebab kedatangan alien itu pun menjadi berita utama di koran.

Untuk pengguna di Indonesia, saat ini doodle ini baru muncul di halaman utama Google berbasis lokasi Australia. Karena itu Anda bisa memainkannya di http://www.google.com.au/

Dilansir dari laman Guardian, selama ini para penganut teori konspirasi percaya militer Amerika Serikat berhasil mengamankan pesawat alien yang jatuh di bumi. Tapi juru bicara militer mengatakan yang jatuh di Roswell itu merupakan balon pengintai rahasia.

Teori konspirasi ini pun berusaha dibungkam saat Angkatan Udara As merilis laporan sebanyak 231 halaman berjudul "Case Closed: Final Report on the Roswell Crash". Laporan itu diungkap ke publik pada Juni 1997. Adapun tubuh yang dianggap sebagai alien itu diketahui sebagai boneka berbentuk manusia.

Tapi tentu saja bantahan ini masih dianggap sebagai cara untuk menutupi jatuhnya alien. Hingga saat ini masih banyak orang yang percaya bahwa alien memang pernah jatuh di Roswell. Google pun sepertinya menangkap kepercayaan ini dengan menghadirkannya dalam bentuk doodle.

(gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.